HUBUNGAN NILAI ESTIMASI LAJU FILTRASI GLOMERULUS DENGAN KADAR ASAM URAT SERUM PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIS NON HEMODIALISIS DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Achmad, Vidiansyah (2019) HUBUNGAN NILAI ESTIMASI LAJU FILTRASI GLOMERULUS DENGAN KADAR ASAM URAT SERUM PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIS NON HEMODIALISIS DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Kesimpulan)
BAB 7 KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit ginjal kronik (PGK) adalah kerusakan ginjal yang terjadi selama lebih dari 3 bulan, yang ditandai dengan penurunan estimasi laju filtrasi glomerous (eLFG). Hiperurisemia merupakan salah satu komplikasi dari PGK. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara eLFG dengan kadar asam urat serum pada pasien PGK di RSUP Dr. M.Djamil Padang. Penelitian ini adalah suatu penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional yaitu variabel independen dan dependen yang diperiksa secara bersamaan. Populasi pada penelitian ini adalah 30 pasien PGK non HD yang berobat di poliklinik rawat jalan di RSUP Dr. M. Djamil dan sampel penelitian adalah pasien PGK yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel diambil data sekunder Desember - Januari 2019. Data di analisis dengan menggunakan uji Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin penderita PGK paling banyak adalah laki-laki (53,3%). Kelompok usia mayoritas adalah 50-60 tahun yaitu sebanyak 19 orang (63,3%). Pada penelitian ini didapatkan rerata nilai estimasi laju filtrasi glomerulus sebesar 23,47 mL/menit/1,73 m2 dan rerata kadar asam urat pada pasien PGK non HD adalah 8,733 mg/dl. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi yang bermakna antara nilai estimasi laju filtrasi glomerulus dengan asam urat pada pasien PGK non HD (p < 0,05) dengan arah korelasi negatif dan kekuatan korelasi kuat (r =- 0,739). Dalam penelitian ini didapatkan hubungan eLFG dengan asam urat pada penderita PGK.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: dr. Fauzar, Sp.PD-KP, FINASIM
Uncontrolled Keywords: Penyakit Ginjal Kronik, Asam Urat, Estimasi Laju Filtrasi Glomerulus, Non Hemodialisis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 19 Jul 2019 14:20
Last Modified: 19 Jul 2019 14:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46856

Actions (login required)

View Item View Item