HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KECEMASAN PADA REMAJA YANG AKAN MENGIKUTI UJIAN TULIS BERBASIS KOMPUTER TAHUN 2024 DI SMA NEGERI 2 PAYAKUMBUH

Novelin, At Thahirah Apris (2024) HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KECEMASAN PADA REMAJA YANG AKAN MENGIKUTI UJIAN TULIS BERBASIS KOMPUTER TAHUN 2024 DI SMA NEGERI 2 PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_NOVELIN AT THAHIRAH_2011312046.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tekanan persaingan dalam ujian masuk perguruan tinggi dapat menyebabkan masalah psikologis seperti kecemasan pada remaja, oleh karena itu dibutuhkan self-efficacy yang tinggi agar remaja merasa yakin dengan kemampuan yang dimiliki sehingga terhindar dari perasaan cemas. Tujuan penelitian ini yaitu diketahuinya hubungan self-efficacy dengan kecemasan pada remaja yang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer tahun 2024 di SMA Negeri 2 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi dan pendekatan model cross sectional. Sampel pada penelitian ini merupakan siswa/siswi kelas XII dengan jumlah 368 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner General Self-Efficacy Scale (GSES) dan Zung Self-Rating Anxiety Scale (SAS/ZSAS). Analisa data dilakukan dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian didapatkan nilai rerata self-efficacy sebesar 28,95 yang berada pada kategori sedang dan nilai rerata kecemasan sebesar 42,57 yang berada pada kategori ringan. Nilai p-value menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan kecemasan dan memiliki kekuatan korelasi sedang dengan arah hubungan negatif (p-value = 0,000 dan r = -0,590). Diharapkan remaja yang akan mengikuti ujian dapat meningkatkan self-efficacy misalnya dengan cara mengamati pengalaman keberhasilan orang lain dan mencari feedback positif, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengurangi kecemasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep, Sp.Kep.J.
Uncontrolled Keywords: kecemasan, remaja, self-efficacy, UTBK
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 04 Jun 2024 01:17
Last Modified: 04 Jun 2024 01:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/468546

Actions (login required)

View Item View Item