Febrizani, Nissya (2024) INTERPRETASI SIMBOLIK MAHASISWA LGBTQ+ TERHADAP VISUALISASI KARAKTER GAY DALAM BOYS LOVE (STUDI KASUS TUJUH MAHASISWA DI KOTA PADANG). Masters thesis, univeristas andalas.
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak_edit.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
text (BAB I Pendahuluan).pdf - Published Version Download (488kB) |
|
Text (BAB VII Penutup dan Saran)
text (BAB VII Penutup dan Saran).pdf - Published Version Download (219kB) |
|
Text (daftar pustaka)
text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version Download (465kB) |
|
Text (tesis full text)
draft_tesis_nissya_febrizani_full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak interpretasi simbolik mahasiswa LGBTQ+ terhadap genre boys love, khususnya di Kota Padang. Boys love, sebagai bentuk representasi visual dan naratif, memiliki potensi signifikan dalam memengaruhi cara mahasiswa LGBTQ+ mengartikulasikan identitas dan mengelola hubungan romantis mereka. Konteks konservatif Kota Padang memberikan dimensi yang menarik, mengungkap bagaimana simbol-simbol dalam karya-karya tersebut memengaruhi mahasiswa LGBTQ+ secara emosional, psikologis, dan sosial. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan merujuk pada teori interpretasi simbolik Geertz, mengintegrasikan konsep-konsep, seperti Seksualitas, Boys love, dan LGBTQ+. Temuan penelitian ini menjawab dua pertanyaan pokok mengenai interpretasi simbol boys love. Pertama, penelitian ini menyoroti pentingnya pemahaman mahasiswa LGBTQ+ terhadap visualisasi cerita boys love. Meskipun genre ini menjelajahi hubungan LGBTQ+, temuan menunjukkan kecenderungan munculnya karakter-karakter yang sesuai dengan norma-norma gender umum. Hal ini mencerminkan potensi pengabaian terhadap keragaman dalam pengalaman komunitas LGBTQ+. Selanjutnya, simbol-simbol dalam cerita boys love ditemukan memiliki dampak mendalam pada pemahaman karakter, identitas, dan pertumbuhan emosional mahasiswa LGBTQ+. Mahasiswa terdorong untuk menghadapi kehidupan dengan keberanian dan keterbukaan melalui inspirasi yang diberikan oleh simbol-simbol tersebut. Eksplorasi hubungan seksual dalam karya-karya ini memberikan variasi dalam memahami dinamika hubungan dan peluang untuk pertumbuhan lebih dalam atau perubahan dalam peran gender. Kedua, berdasarkan temuan observasi dan wawancara, penelitian ini memberikan gambaran mendalam mengenai perjalanan identitas mahasiswa LGBTQ+. Representasi media, khususnya boys love, memainkan peran penting dalam membentuk pemahaman diri individu, namun temuan menunjukkan bahwa stereotip dalam boys love dapat membentuk pandangan yang terlalu sempit. Mahasiswa menunjukkan beragam strategi pengungkapan identitas seksual, sementara menghadapi tantangan seperti stigma sosial, dan ketidakpahaman dari lingkungan sekitar. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pemahaman perjalanan identitas mahasiswa LGBTQ+, menyoroti peran media, interaksi interpersonal, dan faktor-faktor lainnya dalam membentuk pemahaman diri individu LGBTQ+. Temuan ini diharapkan dapat memperkaya pandangan masyarakat terhadap keragaman dan kompleksitas dalam pengalaman LGBTQ+. Kata Kunci: Simbol, Boys love, Mahasiswa, LGBTQ+, Identitas, Kota Padang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | S1 Antropologi Sosial |
Date Deposited: | 27 May 2024 02:59 |
Last Modified: | 27 May 2024 02:59 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467316 |
Actions (login required)
View Item |