Yuniarti, Yuniarti (2024) Efektivitas Aplikasi SiranCak dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
YUNIARTI_1910843029_SKRIPSI Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (282kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
YUNIARTI_1910843029_SKRIPSI BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB VI PENUTUP)
YUNIARTI_1910843029_SKRIPSI BAB VI.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
YUNIARTI_1910843029_SKRIPSI DAPUS.pdf - Published Version Download (424kB) |
|
Text (Skripsi Full)
YUNIARTI_1910843029_SKRIPSI Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Aplikasi Sirancak merupakan salah satu terobosan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang yang menjadi alternatif layanan kependudukan secara online bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektivitas Aplikasi Sirancak Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Dengan dilatarbelakangi permasalahan belum optimalnya penerapan aplikasi Sirancak ditengah masyarakat karena masih ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pemilihan informan dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan triangulasi sumber data. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas E-Government oleh Timothy E. Dolan yaitu Six Demensional Assessment Tool (6ADT) yang terdiri 6 variabel, yaitu Sistem Keamanan, Pengembangan Basis Data Terintegrasi, Integrasi Hirarki Intra-Lembaga, Koordinasi Lateral Antar Lembaga, Akses Masyarakat yang Interaktif Terhadap Informasi dan Pelayanan Online, dan Transparansi Struktur dan Proses Pemerintahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Sirancak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang masih belum efektif. Meskipun beberapa indikator sudah terpenuhi seperti sudah memberikan jaminan keamanan, informasi kontak, pembaruan aplikasi sesuai kebutuhan masyarakat, adanya transparansi proses pelayanan serta tersedianya layanan pengaduan pada aplikasi. Namun, aplikasi Sirancak juga terdapat kekurangan dalam beberapa indikator seperti belum terintegrasinya database aplikasi Sirancak dengan SIAK, kurangnya informasi mengenai koordinasi antar lembaga yang terlibat dalam penerapan aplikasi Sirancak, masih ditemukan sistem eror atau server down, tidak menyediakan panduan dan kurangnya sosialisasi yang dilakukan serta interaktivitas aplikasi yang belum maksimal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Sirancak masih dalam proses transisi ke arah digital.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Yoserizal, M.Si Dr. Hendri Koeswara, S.IP, M.Soc.Sc |
Uncontrolled Keywords: | E-Government; Sirancak; Dinas Dukcapil Kota Padang |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | S1 Administrasi Public |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:02 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:52 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467102 |
Actions (login required)
View Item |