Analisis Faktor yang Mempengaruhi Academic Performance Mahasiswa Internasional Fakultas Kedokteran Universitas Andalas : Sebuah Studi Kualitatif

Radya, Andhika Bagaskara (2019) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Academic Performance Mahasiswa Internasional Fakultas Kedokteran Universitas Andalas : Sebuah Studi Kualitatif. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full-Text)
Skripsi Full-Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Academic performance merupakan hasil yang dapat diamati dan terukur dari proses edukasi yang telah dijalani oleh mahasiswa, dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa sering kali dijadikan sebagai indikatornya. Pada beberapa penelitian sebelumnya juga diketahui bahwa academic performance mahasiswa internasional lebih buruk dibandingkan dengan mahasiswa lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran academic performance dari mahasiswa internasional FK Unand dan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara semi-terstruktur. Penelitian dilakukan di kampus FK Unand dengan menggunakan teknik purposive sampling dan strategi maximum variation sampling. Data diolah dengan menggunakan metode framework analysis. Penelitian ini menunjukkan bahwa 30,43 % mahasiswa internasional FK Unand memiliki academic performance sedang, 69,57 % mahasiswa memiliki academic performance buruk dan tidak ada mahasiswa yang memiliki academic performance baik. IPK tertinggi 3,13, IPK terendah 1,78 dan rata-rata IPK 2,47. Penelitian ini mengidentifikasi 19 faktor yang dapat mempengaruhi academic performance mahasiswa internasional FK Unand yang terdiri dari 3 kelompok faktor, yaitu pribadi, akademik dan sosial. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa internasional FK Unand memiliki academic performance yang buruk, dan terdapat 3 kelompok faktor yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed., PhD.
Uncontrolled Keywords: academic performance, faktor, Indeks Prestasi Kumulatif, mahasiswa internasional
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 Jul 2019 15:41
Last Modified: 17 Jul 2019 15:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46696

Actions (login required)

View Item View Item