IMPLEMENTASI 5S PADA KANTOR KEARSIPAN UNIVERSITAS ANDALAS

Salsa, Nabila (2024) IMPLEMENTASI 5S PADA KANTOR KEARSIPAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kantor kearsipan merupakan tempat untuk menyimpan dan memelihara dokumen serta mendukung kebijakan layanan. Dokumen perlu di arsip dengan baik dan terorganisir agar saat dibutuhkan maka dapat ditemukan dengan mudah dan cepat. Penelitian ini dilakukan pada kantor kearsipan I Universitas Andalas. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal yang telah dilakukan, kantor kearsipan I Universitas Andalas mengalami beberapa kendala yaitu belum adanya pemilahan barang yang tidak diperlukan di area kerja, keterbatasan ruang penyimpanan, peletakan barang yang tidak sesuai pada tempatnya, belum adanya prosedur atau tata cara pembuangan barang-barang yang tidak diperlukan dan kurangnya sistem yang dapat menentukan standardisasi dan partisipasi karyawan dalam manajemen tempat kerja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kantor kearsipan saat ini dan sejauh mana efisiensi dan tata kelola yang telah tercapai, selain itu juga untuk mengetahui permasalahan utama yang dihadapi oleh kantor kearsipan, serta langkah penerapan 5S untuk meningkatkan efisiensi pada kantor kearsipan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penerapan konsep 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke). Konsep 5S membantu untuk menciptakan suasana di tempat kerja yang kondusif, nyaman, aman, rapi, dan bersih sehingga secara tidak langsung akan membentuk budaya kerja, motivasi kerja, dan meningkatkan produktivitas kerja. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi langsung, dokumentasi, wawancara, pengisian checklist 5S, pelatihan 5S, dan implementasi 5S di kantor kearsipan I. Hasil penelitian ini yaitu mengetahui sejauh mana efisiensi dan tata kelola yang sudah tercapai dari hasil checklist 5S serta telah diterapkan 5S pada Kantor Kearsipan I Universitas Andalas. Berdasarkan hasil pengisian checklist 5S, skor rata-rata sebelum implementasi adalah 2.02 (40%) yang termasuk pada kategori buruk. Sedangkan, setelah implementasi 5S terjadi kenaikan skor rata-rata menjadi 3.696 (74%) yang termasuk pada kategori baik. Hal ini menunjukkan adanya efek perubahan setelah diterapkannya 5S berupa pelatihan, pemilahan dan penataan barang, pembersihan secara terjadwal, penempelan display pengingat 5S, penerapan 5M5S, dan lainnya sehingga meningkatkan efisiensi karyawan saat bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Henmaidi, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Checklist 5S, Efisiensi, Implementasi, Kearsipan, Konsep 5S.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 16 May 2024 03:24
Last Modified: 16 May 2024 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466609

Actions (login required)

View Item View Item