Fadhlan, Alfadhilah 'Aqil (2024) Kegiatan Pembelajaran Di Luar Kampus dan Perkembangan Hard Skills: Persepsi Mahasiswa Peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (300kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version Download (214kB) |
|
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (156kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan pendidikan untuk meningkatkan kompetensi dan kesiapan mahasiswa beradaptasi dengan dunia kerja. MBKM diharapkan membantu mahasiswa dalam meningkatkan soft skills dan hard skills. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi bagaimana persepsi mahasiswa peserta MBKM terhadap perkembangan hard skills mereka. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Andalas yang mengikuti program MBKM dari Oktober – Desember 2023. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif menggunakan pendekatan grounded theory. Informan diperoleh melalui metode purposive sampling, didapatkan 18 informan dari 14 fakultas di Universitas Andalas. Data dikumpulkan melalui focus group discussion dan semi-structured interview dengan informan yang telah menandatangani lembar informed consent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua informan setuju MBKM dapat membantu meningkatkan hard skills mereka. Hard skills yang dikembangkan selama kegiatan MBKM antara lain keterampilan menggunakan teknologi, keterampilan bahasa, menggunakan software, menulis, melakukan riset, membuat produk, mempersiapkan diri untuk profesi dan pekerjaan, dan mengajar. MBKM memfasilitasi pengembangan hard skills melalui pengalaman nyata, kesempatan berlatih, kesempatan networking, motivasi, dan kegiatan menantang. Namun, terdapat beberapa kendala dalam kegiatan MBKM seperti kurang sosialisasi pada mahasiswa, kesulitan konversi SKS, ketidaksesuaian informasi, pedoman teknis yang belum sinkron, dan keterbatasan penggunaan bahasa. Penelitian ini menjustifikasi manfaat MBKM untuk pengembangan hard skills mahasiswa, namun beberapa kendala dalam pelaksanaan perlu mendapatkan perhatian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, Ph.D, Sp.KKLP |
Uncontrolled Keywords: | MBKM, hard skills, pembelajaran inovatif, hambatan |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 15 May 2024 02:06 |
Last Modified: | 15 May 2024 02:06 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466525 |
Actions (login required)
View Item |