Penilaian Kinerja Pemasok Bahan Baku Lapau Nasi ENI

Riyadi, Iswan (2024) Penilaian Kinerja Pemasok Bahan Baku Lapau Nasi ENI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Lapau Nasi ENI bergerak dalam bidang kuliner yang menawarkan berbagai aneka masakan. Salah satu faktor yang membantu kelancaran proses produksi demi keberlangsungan berjalannya bisnis di Lapau Nasi ENI adalah terjaminnya ketersediaan bahan baku, maka Lapau Nasi ENI bekerja sama dengan pemasok untuk penyediaan beberapa bahan bakunya. Setiap alternatif pemasok dari bahan baku yang bekerja sama dengan Lapau Nasi ENI tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Permaslahan pemasok yang terjadi di Lapau Nasi ENI seperti keterlambatan pengiriman dan jumlah permintaan yang tidak terpenuhi oleh pemasok, menjadikan Lapau Nasi ENI perlu untuk melakukan penilaian kinerja pada pemasok-pemasoknya sehingga mendapatkan pemasok dengan kinerja yang terbaik. Selama ini Lapau Nasi ENI belum memiliki kriteria-kriteria sebagai standar dalam memilih pemasok yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dalam melakukan penilain kinerja pemasok dan memilih pemasok yang diutamakan, Lapau Nasi ENI masih terbatas pada perspektif harga dan bersifat subyektif. Selain itu Lapau Nasi ENI juga belum menerapkan metode tertentu untuk mengetahui secara pasti tingkat kepentingan dari kriteria yang digunakan dalam mempengaruhi pemilihan pemasok maupun dalam menilai kinerja pemasok-pemasoknya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kriteria dan subkriteria relevan untuk penilaian kinerja pemasok di Lapau Nasi ENI serta menentukan prioritas alternatif pemasok yang dalam hal ini yaitu pemasok bahan baku beras, daging, ayam dan kelapa berdasarkan kriteria-kriteria tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzy AHP dan metode TOPSIS. Metode Fuzzy AHP digunakan untuk menentukan bobot dari masing-masing kriteria dan subkriteria relevan dalam penilaian kinerja pemasok dan metode TOPSIS digunakan untuk menentukan peringkat dari masing-masing alternatif pemasok yang menghasilkan keputusan alternatif pemasok mana yang akan diutamakan. Berdasarkan hasil pengumpulan dan pengolahan data didapatkan 6 kriteria dengan 14 subkriteria untuk penilaian kinerja pemasok bahan baku di Lapau Nasi ENI. Bobot kepentingan untuk setiap kriteria tersebut adalah kriteria delivery (0,3294), quality (0,3125), responsiveness (0,2239), cost (0,369), relationship (0,047) dan flexibility (0,0301). Adapun subkriteria dengan bobot penilaian terbesar adalah subkriteria kesesuaian spesifikasi (0,2165). Peringkat alternatif pemasok prioritas untuk setiap bahan baku yaitu Toko Beras Amrozi (46%) untuk bahan baku beras, Toko Ayam Rozi (46%) untuk bahan baku ayam, Toko Amri (59%) untuk bahan baku daging dan untuk bahan baku kelapa alternatif pemasok prioritasnya yaitu Toko Uni Eti (58%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir Taufik, M.T
Uncontrolled Keywords: Fuzzy AHP, Penilaian Kinerja, Kriteria, Pemasok, TOPSIS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 08 May 2024 00:59
Last Modified: 08 May 2024 00:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466370

Actions (login required)

View Item View Item