PENGARUH BEBAN KERJA DAN WORK AMBIGUITY TERHADAP BURNOUT DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Perawat Non PNS Rumah Sakit Tentara dr. Reksodiwiryo Kota Padang)

Gita, Suganda Putri (2024) PENGARUH BEBAN KERJA DAN WORK AMBIGUITY TERHADAP BURNOUT DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Perawat Non PNS Rumah Sakit Tentara dr. Reksodiwiryo Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
3. BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Tesis Full)
5. Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh beban kerja dan work ambiguity terhadap burnout dengan dukungan stres kerja sebagai variabel mediasi di Rumah Sakit Tentara dr. Reksodiwiryo Kota Padang. Burnout merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh manajemen perusahaan dalam mengelola sumber daya perusahaan atau karyawan. Aspek yang mempengaruhi burnout adalah beban kerja,work ambiguity terhadap burnout, dan stres kerja yang dirasakan perawat. Dalam hal ini, peneliti berfokus pada variabel stres kerja yang dirasakan sebagai variabel mediasi yang menghubungkan beban kerja dan work ambiguity terhadap burnout. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat non PNS Rumah Sakit Tentara dr. Reksodiwiryo Kota Padang dengan sampel sebanyak 90 perawat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis deskripsi faktor menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kerja; work ambiguity berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres kerja;beban kerja, work ambiguity, dan stres kerja berdampak signifikan terhadap burnout; stres kerja sebagai variabel mediasi berpengaruh pada beban kerja terhadap burnout dan work ambiguity terhadap burnout.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Hendra Lukito, S.E., M.M., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: beban kerja, work ambiguity, stres kerja dan burnout.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 07 May 2024 09:07
Last Modified: 07 May 2024 09:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466369

Actions (login required)

View Item View Item