Hubungan Karakteristik Sosiodemografis dengan Sikap dan Tindakan Pencegahan Penularan HIV/AIDS pada Pasien HIV-Positif di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Fathiha, Syauqiya Rauda (2024) Hubungan Karakteristik Sosiodemografis dengan Sikap dan Tindakan Pencegahan Penularan HIV/AIDS pada Pasien HIV-Positif di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstract)
Cover & Abstract.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (BAB 7 (Penutup))
BAB 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Full Text_Skripsi)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Angka infeksi baru HIV yang telah menjadi masalah epidemik dunia terus meningkat. Sebagai pembawa agen, perilaku pencegahan penularan HIV/AIDS oleh Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) berperan penting dalam memecah rantai penularan. Salah satu faktor pendukung yang memengaruhi perilaku suatu individu adalah karakteristik sosiodemografis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan karakteristik sosiodemografis dengan sikap dan tindakan pencegahan penularan HIV/AIDS. Sampel penelitian ini berjumlah 84 responden yang merupakan pasien HIV- Positif di Poli VCT RSUP Dr. M. Djamil Padang. Sampel diambil dengan metode consecutive sampling. Karakteristik sosiodemografis yang diuji pada penelitian ini adalah usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, status ekonomi, tingkat pendidikan, dan status menikah. Penelitian ini dianalisis dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa HIV ditemukan lebih banyak pada kelompok usia dewasa dan tua atau ≥ 19 tahun (96,4%), berjenis kelamin laki-laki (83,3%), berstatus tidak bekerja atau memiliki pekerjaan berisiko (95,2%), berstatus ekonomi di atas garis kemiskinan (56%), berstatus pendidikan rendah (57,1%), dan memiliki status pernikahan cerai/belum menikah (63,1%). Hasil uji bivariat menunjukkan karakteristik sosiodemografis yang memiliki hubungan dengan sikap pencegahan penularan HIV/AIDS adalah usia (p<0,05 ; OR = 27.000) dan status ekonomi (p<0,05). Sedangkan hasil statistik antara karakteristik sosiodemografis dengan tindakan pencegahan penularan HIV tidak menemukan adanya hubungan yang signifikan (p>0,05). Penelitian ini menyoroti pentingnya pengembangan intervensi yang ditargetkan pada kelompok-kelompok dengan risiko tinggi. Meskipun hubungan yang signifikan hanya ditemukan pada faktor-faktor demografis tertentu, penelitian ini menunjukkan perlunya peningkatan akses dan efektivitas program pencegahan yang menyasar kelompok-kelompok tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rini Gusya Liza, M.Ked.KJ, Sp.KJ
Uncontrolled Keywords: HIV, karakteristik sosiodemografis, sikap, tindakan, pencegahan penularan HIV/AIDS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:13
Last Modified: 27 Mar 2024 04:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465841

Actions (login required)

View Item View Item