Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Di Toko Roti Ikobana Bakery Padang

Yulianto, Ardhian Agung (2024) Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Di Toko Roti Ikobana Bakery Padang. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (BAB I)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (dapus)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (bab V)
Bab 5 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (thesis Fulltext)
Thesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Industri makanan dan minuman berperan besar dalam ekonomi Indonesia. Roti sebagai salah satu produk makanan termasuk kategori fast mover consumer goods dan perishable product yang dijual cepat, harga relatif murah, namun cepat kadaluarsa dengan siklus hidup yang pendek. Terkhusus bagi Ikobana Bakery, yang memproduksi roti Jepang dengan tekstur lembut berbahan premium dan varian banyak perlu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembelian konsumen yang dibeli secara bersamaan baik saat promosi maupun penjualan reguler, sehingga diketahui produk yang paling sering dibeli dan akhirnya dapat memberikan strategi pemasaran berdasarkan perilaku pembelian konsumen. Metode yang digunakan adalah market basket analysis algoritma apriori menggunakan data transaksi dari Januari 2022 sampai dengan Agustus 2023, sejumlah 1000 data penjualan promosi dan 4593 data penjualan reguler. Bahasa pemrograman Python digunakan untuk mengolah dan menganalisis data. Dari penelitian ini dihasilkan 17 aturan asosiasi untuk penjualan promosi dengan minimum support 40% dan minimum confidence 60%, serta 11 aturan untuk penjualan reguler dengan minimum support 20% dan minimum confidence 55%. Roti sosis mayonaise menonjol sebagai produk penting dengan nilai consequent support tinggi yaitu sebesar 36,2% pada penjualan promosi dan 29,3% pada penjualan reguler. Pada produk rekomendasi yaitu roti melon pan terdapat perilaku konsumen yang menginginkan produk ini pada saat penjualan promosi 2 kali lipat lebih besar aturan yang terbentuk dibandingkan pada saat penjualan regular. Rekomendasi pemasaran termasuk strategi product bundling dan price bundling untuk meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:41
Last Modified: 05 Mar 2024 02:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465644

Actions (login required)

View Item View Item