PT. TERANG BERSAMA ZANESYA : EKSISTENSI PERUSAHAAN JASA PT. TERANG BERSAMA ZANESYA : EKSISTENSI PERUSAHAAN JASA ANGKUTAN ANTAR JEMPUT ANTAR PROVINSI TUJUAN PARIAMAN PEKANBARU 2012-2022 SKRIPS

Fariz, Alfadilah Arentha (2024) PT. TERANG BERSAMA ZANESYA : EKSISTENSI PERUSAHAAN JASA PT. TERANG BERSAMA ZANESYA : EKSISTENSI PERUSAHAAN JASA ANGKUTAN ANTAR JEMPUT ANTAR PROVINSI TUJUAN PARIAMAN PEKANBARU 2012-2022 SKRIPS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
SKRIPSI Fariz Alfadilah Arentha 1910712002 - Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI Fariz Alfadilah Arentha 1910712002 - BAB I.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI Fariz Alfadilah Arentha 1910712002 - BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI Fariz Alfadilah Arentha 1910712002 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Skripsi Fariz Alfadilah Arentha FULL)
SKRIPSI Fariz Alfadilah Arentha 1910712002 FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi yang berjudul “PT. Terang Bersama Zanesya : Eksistensi Perusahaan Jasa Angkutan Antar Jemput Antar Provinsi Tujuan Pariaman Pekanbaru 2012-2022”. Penelitian ini mengkaji perkembangan suatu perusahaan jasa angkutan travel yang bernama PT. TRB yang didirikan oleh Afrizal pada tahun 2012 di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Penelitian ini mencakup tentang bagaimana perkembangan PT. TRB dari armada mobil, pelayanan hingga penyelenggaraan angkutan sebagai perusahaan transportasi. Penelitian ini termasuk ke dalam kajian sejarah transportasi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode Sejarah yang terdiri atas empat tahap yaitu heuristik yang merupakan langkah mengumpulkan bahan sumber sejarah, kritik sumber dilakukan dalam mengetahui keabsahan dan kredibilitas sumber secara kritis, interpretasi yang merupakan penggabungan antara satu fakta dengan fakta lainnya hingga melakukan penulisan sejarah (historiografi). Hasil penelitian menunjukan bahwa, PT. TRB didirikan oleh Afrizal pada tahun 2012 berasal dari nama salah satu perusahaan dari daerah Parit Malintang yang bernama PT. Terang Bulan. Afrizal membeli hak paten perusahaan tersebut dan menggantinya dengan PT. TRB. Perusahaan ini memfokuskan trayek ke Pariaman-Pekanbaru dikarenakan probablitas dari Kota Pekanbaru dipercaya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat Kota Pariaman. PT. TRB terus mengalami perkembangan yang ditandai dengan bertambahnya armada mencapai 15 unit. Pelayanan serta pengelolaan yang baik dilakukan oleh PT. TRB telah mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat Kota Pariaman. Pihak perusahaan akan selalu mengevaluasi diri dan berinovasi dalam meningkatkan pelayanan sehingga PT. TRB dapat dipercaya oleh masyarakat Kota Pariaman. Dengan demikian, PT. TRB merupakan perusahan yang berdedikasi terhadap jasa transportasi di Kota Pariaman. Adanya perusahaan ini dapat berpengaruh untuk mempermudah aktivitas masyarakat Kota Pariaman dalam menggunakan kendaraan sebagai sarana mobilitas. Adanya PT.TRB berpengaruh terhadap mengurangi pengangguran dengan membuka lapangan kerja, menyejahterakan karyawan serta melalui pajak pendapatan PT. TRB telah berkontribusi terhadap pembangunan yang ada di Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. NOPRIYASMAN, M. Hum.
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D204 Modern History
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:46
Last Modified: 04 Mar 2024 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465536

Actions (login required)

View Item View Item