Ridha, Prima Adri (2024) ii PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN (Studi terhadap Pemanfaatan Layanan Sidaring pada Perpustakaan Universitas Negeri Padang). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (COVER ABSTRAK)
Cover dan Abstrak PRIMA.pdf - Published Version Download (227kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN PRIMA.pdf - Published Version Download (418kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V PRIMA.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK PRIMA.pdf - Published Version Download (326kB) |
|
Text (FULL)
FULL PRIMA PKAI NAMA PEMBIMBING.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perpustakaan dituntut untuk selalu hadir ke masyarakat, termasuk Perpustakaan UNP. Melalui layanan Sidaring, perpustakaan UNP mencoba untuk menjangkau pemustaka di tengah-tengah pandemi Covid-19. Berbagai tantangan dan perubahan perlu dilakukan, teknis penggunaan media internet perlu ada, dan konsep-konsep perlu dirancang. Lantas bagaimana konsep dan hambatan penggunaan Layanan Sidaring Perpustakaan UNP dengan menggunakan komunikasi bermedia internet. Peneliti mengusung metode kualitatif untuk meninjau permasalahan tersebut lebih jauh dengan cara mewawancarai beberapa informan penting yang terkait dengan penggunaan layanan Sidaring. Penelitian ini menemukan hasil bahwa layanan Sidaring Perpustakaan UNP adalah inovasi kepustakaan yang menjawab tantangan pandemi Covid-19. Layanan Sidaring ini adalah saluran komunikasi yang memudahkan interaksi antara pemustaka dan pustakawan untuk melakukan peminjaman, pengembalian, dan konsultasi kepustakaan. Layanan ini mengusung konsep kesederhanaan layanan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Semua aktivitas komunikasi yang ada pada layanan sidaring dilakukan melalui saluran komunikasi bermedia internet, mulai dari kelahiran layanan ini hingga perkembangan layanan ini. Hambatan penggunaan layanan Sidaring terjadi karena adanya kendala semantik yang disebabkan oleh adanya perbedaan dalam memahami istilah antara pemustaka dan pustakawan. Hambatan lain terjadi karena kendala psikologi meliputi perbedaan persepsi dan pengalaman individu yang dapat memengaruhi interpretasi dan pemahaman pesan selama melakukan komunikasi menggunakan layanan Sidaring. Hambatan lain terjadi karena adanya gangguan teknologi berupa sistem dan mekanisme penggunaan layanan Sidaring masih memiliki celah. Celah tersebut terdapat pada sistem pengembalian yang terhubung langsung dengan sistem dan mekanisme denda
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof.Dr. rer. Soz. Nusyirwam Effendi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 04:08 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 04:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465524 |
Actions (login required)
View Item |