PENGAJUAN KEBERATAN TERHADAP PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) PADA PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PADANG NOMOR: 84/PDT.SUS-BPSK/2021/PN.PDG

Muhammad Al Farid, Farid (2024) PENGAJUAN KEBERATAN TERHADAP PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) PADA PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PADANG NOMOR: 84/PDT.SUS-BPSK/2021/PN.PDG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS PADANG.

[img] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan hubungan timbal balik antara produsen dan konsumen berpotensi menyebabkan terjadinya sengketa. Sengketa adalah kejadian yang berawal dari adanya perasaan tidak puas dari salah satu pihak karena ada pihak lain yang tidak memenuhi prestasi sebagaimana yang telah dijanjikan atau dengan kata lain ada salah satu pihak yang wanprestasi. BPSK merupakan suatu lembaga yang menyelesaikan sengketa konsumen antara pelaku usaha dengan konsumen yang sifat penyelesaiannya adalah win-win solution guna mencari jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak yang bersengketa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pengajuan keberatan terhadap putusan BPSK yang menyelesaikan sengketa jasa PLN pada Putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor: 84/PDT.Sus-BPSK/2021/PN.PDG? 2) Bagaimana pertimbangan hakim dalam putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor: 84/PDT.Sus-BPSK/2021/PN.PDG terhadap penolakan permohonan keberatan sehingga terjadi penolakan terhadap keberatan tersebut? Penelitian ini menggunakan metode yuridis normаtif. Penelitiаn normаtif merupakan penelitiаn yаng berbаsis pаdа penelааhаn bаhаn hukum, bаik bаhаn hukum primer mаupun bаhаn hukum sekunder, dan bаhаn hukum tersier, gunа menjаwаb permаsаlаhаn yаng telаh dirumuskаn sebаgаi fokus dаri penelitiаn ini. Sifat penelitian ini bersifat deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, serta teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan juga didukung dengan wawancara yang berguna menjadi data pendukungnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Proses pengajuan keberatan yang terjadi terhadap putusan BPSK Kota Padang ini pada awalnya tidak ada titik temu cara penyelesaian sengketanya oleh BPSK Kota Padang. Kemudian diajukanlah keberatannya ke Pengadilan Negeri. Pertimbangan hakim dalam Putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor: 84/PDT.Sus-BPSK/2021/PN.PDG tersebut tentu merupakan sebuah kekeliruan karena setiap konsumen yang ingin melakukan pemasangan listrik di pemukimannya, konsumen tersebut harus melakukan beberapa prosedur pemasangan listrik baru PLN melalui kantor pelayanan PLN hingga melakukan kesepakatan dengan menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Wetria Fauzi, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: BPSK, Sengketa Konsumen, Putusan Pengadilan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 02 Mar 2024 07:39
Last Modified: 02 Mar 2024 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465275

Actions (login required)

View Item View Item