Strategi Peningkatan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman

Ramadesi, Alfi (2024) Strategi Peningkatan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (677kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (930kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (629kB)
[img] Text (Bab Penutup)
Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (569kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI_ALFI RAMADESI_1810842016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman merupakan instansi pemerintah di Kabupaten Pasaman yang memiliki tugas pokok dan fungsi yaitu menjalankan sebagian urusan pemerintah dibidang administrasi kependudukan. Salah satu kendala dalam administrasi kependudukan yang menjadi isu strategis di Kabupaten Pasaman adalah kurang meratanya kepemilikan dokumen kependudukan sehingga Kabupaten Pasaman memiliki beberapa capaian target kepemilikan dokumen kependudukan yang rendah dibanding Kabupaten/Kota lain di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini berkaitan dengan strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman dalam menangani kurang meratanya kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi Peningkatan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teori inti strategi menurut Richard P. Rumelt yang terdiri dari diagnosis, kebijakan penuntun dan tindakan koheren. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman sudah memenuhi ketiga variabel dari teori inti strategi menurut Richard P. Rumelt yang terdiri dari diagnosis, kebijakan penuntun dan tindakan koheren. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman sudah melakukan pelaksanaan strategi dalam upaya peningkatan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Pasaman dengan cukup baik, meskipun masih ada beberapa kendala yang masih dirasakan. Belum merata jangkauan daerah yang memiliki jaringan internet. Masih kurangnya partisipasi masyarakat untuk melaporkan peristiwa kependudukan. Adapun strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman dalam penanganan tidak meratanya kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Pasaman ialah dengan adanya layanan online segaligus Call Center merupakan suatu tindakan yang dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan publik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA Kusdarini, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Strategi; Peningkatan Pelayanan Publik; Administrasi Kependudukan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: S1 Administrasi Public
Date Deposited: 04 Mar 2024 00:57
Last Modified: 25 Oct 2024 02:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465149

Actions (login required)

View Item View Item