PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL ATAS PEMENUHAN HAK KARYAWAN TETAP YAYASAN RUMAH SAKIT ISLAM (YARSI) SUMATERA BARAT YANG TERKENA PHK

Yufira, Nova Linda (2024) PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL ATAS PEMENUHAN HAK KARYAWAN TETAP YAYASAN RUMAH SAKIT ISLAM (YARSI) SUMATERA BARAT YANG TERKENA PHK. Diploma thesis, Uniiversitas Andalas.

[img] Text (COVER ABSTRAK)
ilovepdf_merged(1).pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (PENUTUP)
full_removed.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN (2).pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan kerja merupakan sebuah ikatan antara pemberi kerja dengan penerima kerja yang diawali oleh perjanjian kerja. Jika hubungan kerja melibatkan pemerintahan di dalamnya maka terciptalah sebuah hubungan industrial. Namun tidak selamanya hubungan antara pekerja dengan pengusaha berjalan mulus, akan ada masanya perbedaan pendapat menjadi sesuatu yang dipertentangkan sehingga menimbulkan perselisihan salah satunya adalah perselisihan hak. Perselisihan hak yang dibahas dalam tulisan ini terjadi setelah pengusaha melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap pekerjanya yang merupakan pegawai tetap. Rumusan Masalah dalam penelitian ini di antaranya: 1. Apa penyebab terjadinya perselisihan hubungan Industrial antara mantan Direktur RSI Ibnu Sina Padang dengan Yarsi Sumbar? 2. Bagaimana penyelesaiaan perselisihan hubungan industrial antara mantan Direktur RSI Ibnu Sina Padang dengan Yarsi Sumbar? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan sifat penelitiannya deskriptif. Jenis dan sumber data yang didapatkan yaitu dari penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, bahan hukum primer, sekunder, tersier dengan teknik pengumpulan data melalui studi wawancara, studi dokumen serta studi lapangan. Pengolahan dan analisis data menggunakan pendekatan yang lebih menekankan pada praktek lapangan dikaitkan pada aspek hukum dan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian, perselisihan ini diawali oleh hak pekerja yang tidak dibayarkan setelah di-PHK. Sebagaimana yang diketahui terdapat hak-hak yang harus dipenuhi setelah melakukan PHK terhadap pegawai, namun hal tersebut tidak dipenuhi pihak yang melakukan pemberhentian melainkan menuntut ganti rugi atas biaya pendidikan Manajemen Rumah Sakit yang diberikan kepada pegawainya itu. Kemudian dalam hal penyelesaiannya telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada di Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Perselisihan Hubunkgan Industrial yaitu dengan melalui perundingan bipartit, tripartit hingga ke Pengadilan Hubungan Industrial. Kata Kunci: Hubungan Kerja, Perselisihan Hubungan Industrial dan Hak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Zefrizal Nurdin
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:34
Last Modified: 01 Mar 2024 08:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465076

Actions (login required)

View Item View Item