EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM INTERVENSI GIZI SPESIFIK UNTUK PENCEGAHAN STUNTING PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS TANJUNG PATI

Dea, Ananda Dn (2024) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM INTERVENSI GIZI SPESIFIK UNTUK PENCEGAHAN STUNTING PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS TANJUNG PATI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak + Cover)
Abstrak + Cover.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program intervensi gizi spesifik untuk pencegahan stunting pada ibu hamil di Puskesmas Tanjung Pati. Metode Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sistem. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Dipilih 6 informan di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Pati berdasarkan purposive sampling. Pengolahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Rekaman hasil wawancara mendalam dibuat dalam bentuk transkip dan analisis serta diinterpretasikan dalam bentuk hasil penelitian. Hasil SOP dan pedoman sudah ada. Jumlah tenaga pelaksana dan dana sudah cukup. Sarana dan prasarana penunjang program belum maksimal. Persiapan setiap program sudah dilakukan dengan baik. Pelaksanaan program masih ada yang belum sesuai dengan pedoman. Pencatatan dilakukan setiap selesai kegiatan dan dilakukan pelaporan kepada masing-masing koordinator pemegang program. Monitoring dan evaluasi dilakukan berjenjang, tapi masih belum berjalan dengan baik. Kesimpulan Pelaksanaan program masih belum maksimal sehingga perlu peningkatan pelatihan bagi semua petugas dan kader posyandu, kelengkapan sarana prasarana penunjang program, pelaksanaan serta promosi kesehatan kepada masyarakat terkait pentingnya program kelas ibu hamil dan suplementasi tablet tambah darah dalam mencegah kejadian stunting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Helmizar, S.Km,.M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kelas Ibu Hamil, Suplementasi, dan Tablet Tambah Darah
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 02 Mar 2024 02:36
Last Modified: 02 Mar 2024 02:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465022

Actions (login required)

View Item View Item