Efek Antihipertensi Ekstrak Kulit Manggis Terhadap Tekanan Darah Tikus Wistar (Rattus norvegicus) Jantan yang Diinduksi Prednison dan Garam

Fitri, Yani (2019) Efek Antihipertensi Ekstrak Kulit Manggis Terhadap Tekanan Darah Tikus Wistar (Rattus norvegicus) Jantan yang Diinduksi Prednison dan Garam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover-Abstrak)
Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 (Penutup))
BAB 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Prevalensi hipertensi terus meningkat setiap tahun sehingga penelitian untuk mengatasi hipertensi banyak dilakukan. Limbah kulit manggis telah diteliti memiliki potensi farmakologis, salah satunya memiliki aktivitas sebagai antihipertensi. Penelitian ini bertujuan menilai efek antihipertensi ekstrak kulit manggis terhadap tekanan darah hewan coba. Sampel penelitian adalah tikus wistar jantan berjumlah 15 ekor berusia 2 sampai 3 bulan dengan berat 200 sampai 300 g yang diinduksi hipertensi dengan kombinasi prednison 1.5 mg/kgBB dan NaCl 2.5% melalui rute oral setiap hari selama 14 hari. Sampel tikus wistar dibagi menjadi lima kelompok perlakuan yaitu kelompok kontrol hipertensi, kelompok pemberian tempol dan kelompok pemberian ekstrak (25 mg/kgBB, 50 mg/kgBB dan 100 mg/kgBB). Pada hari ke-15, ekstrak, tempol dan aquadest diberikan satu kali memalui rute intravena dengan pengamatan selama 1 jam. Tekanan darah sistolik dan diastolik hewan coba diukur satu jam sebelum dan setelah pemberian perlakuan. Semua tikus dianastesi untuk diukur tekanan darah secara langsung melalui arteri karotis dengan menggunakan Biopac System MP150. Data dianalisis menggunakan analisis non paramentrik Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukan ekstrak kulit manggis dosis 25 mg/kgBB, 50 mg/kgBB dan 100 mg/kgBB tidak memiliki pengaruh yang bermakna terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik (p=0.838; p=0.929). Aktivitas antihipertensi yang dimiliki ekstrak kulit manggis dengan tiga variasi dosis tersebut tidak optimal menurunkan tekanan darah. Kata Kunci: ekstrak kulit manggis, Garcinia mangostana Linn., antihipertensi, tekanan darah, prednison.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Hirowati Ali, PhD
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 10 Jul 2019 09:49
Last Modified: 10 Jul 2019 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46499

Actions (login required)

View Item View Item