Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Balita Wasting Di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang Tahun 2023

Febri, Theresia Sihaloho (2024) Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Balita Wasting Di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang Tahun 2023. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
3. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text (TESIS FULL)
5. TESIS FEBRI THERESIA SIHALOHO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Wasting merupakan salah satu permasalahan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang belum teratasi. Kurangnya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan balita. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan faktor internal dan eksternal dengan perkembangan balita wasting di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang. Jenis penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian adalah ibu yang memiliki balita wasting berusia 12 – 60 bulan sebanyak 118 orang yang diambil secara total sampling. Pengumpulan data faktor internal, eksternal dan perkembangan balita wasting menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan chi-square dan regresi logistik ordinal. Hasil univariat sebagian besar usia toddler, jenis kelamin laki – laki, riwayat bayi lahir normal, tidak ada riwayat penyakit infeksi, usia kehamilan normal, tidak ada komplikasi persalinan, Air Susu Ibu (ASI) eksklusif, pendidikan menengah, tidak bekerja, pendapatan rendah, jumlah tanggungan kecil, pola asuh demokratis, stimulasi baik, lama interaksi cukup, perkembangan balita wasting meragukan. Hasil bivariat terdapat hubungan yang signifikan antara usia balita, jenis kelamin balita, penyakit infeksi, komplikasi persalinan, ASI eksklusif, pendapatan, pola asuh, stimulasi, lama interaksi dengan perkembangan balita wasting. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara riwayat Berat Badan Lahir (BBL), usia kehamilan, pendidikan, pekerjaan, jumlah tanggungan dengan perkembangan balita wasting. Hasil multivariat faktor yang berhubungan dengan perkembangan balita wasting secara faktor internal adalah usia balita, faktor eksternal adalah pola asuh. Kesimpulan penelitian ini, usia balita dan pola asuh sebagai faktor yang paling berhubungan terhadap perkembangan balita wasting. Diharapkan kepada puskesmas agar dapat membuat kelas parenting agar orang tua dapat belajar memberikan pola asuh yang baik untuk menunjang tumbuh kembang pada anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: 1. Dr. dr. Desmawati, M.Gizi 2. Dr. dr. Bobby Indra Utama, SpOG.Subsp.Urogin
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:06
Last Modified: 01 Mar 2024 02:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464739

Actions (login required)

View Item View Item