AKIBAT HUKUM DALAM PEMBATALAN AKTA KUASA MENJUAL TANAH YANG DIBUAT DIHADAPAN NOTARIS DALAM KASUS PERKARA NO. 73/PDT/2018/PTSMG

Revo, Dwika Utama (2024) AKIBAT HUKUM DALAM PEMBATALAN AKTA KUASA MENJUAL TANAH YANG DIBUAT DIHADAPAN NOTARIS DALAM KASUS PERKARA NO. 73/PDT/2018/PTSMG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
watermark cover revo pdf.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Pendahuluan)
watermark BAB I revo pdf.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (Penutup)
watermark penutup revo pdf.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (daftar pustaka)
watermark DAFTAR PUSTAKA revo pdf.pdf - Published Version

Download (182kB)

Abstract

Tesis ini meneliti mengenai akibat dari pembatalan akta kuasa yang dibuat dihadapan notaris. Dalam kasus yang diteliti oleh penulis, terdapat itikad tidak baik yang dilakukan oleh notaris yaitu dilihat perbuatan notaris yang menyerahkan akta kosong kepada penghadap untuk langsung ditandatangani. Dalam penelitian ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan pertama mengenai akibat hukum terhadap pembatalan akta notaris yang disebabkan penyalahgunaan tandatangan diatas blangko kosong pada akta tersebut, dan mengenai tanggung jawab notaris terhadap pembuatan akta yang dibatalkan karena penyalahgunaan tandatangan di atas blangko kosong akta tersebut yang tidak sesuai dengan undang-undang. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan tesis ini adalah penelitian yuridis normatif. Metode ini digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian berdasarkan asas-asas hukum, dan hukum positif yang mengatur permasalahan dalam penelitian ini serta teori-teori pendukung lainnya. Hasil penelitian dari tesis ini adalah akibat hukum terhadap pembatalan akta notaris tersebut yang tidak memenuhi persyaratan menurut tata cara pembuatan akta notaris dan tidak terpenuhinya syarat sah dari perjanjian secara subjektif dan objektif sehingga akta- akta tersebut dapat dibatalkan atau batal demi hukum. Tanggung jawab notaris terhadap pembuatan akta yang dibatalkan karena penyalahgunaan tandatangan diatas akta tersebut yang tidak sesuai dengan undang-undang adalah dapat dimintakan tanggung jawab baik dari segi adminstratif, maupun perdata.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ferdi SH,. MH.
Uncontrolled Keywords: Akibat Hukum, Pembatalan Akta Kuasa, di hadapan Notaris.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 29 Feb 2024 10:08
Last Modified: 29 Feb 2024 10:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464701

Actions (login required)

View Item View Item