Hubungan Kebiasaan Jajan, Durasi Penggunaan Gadget, dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Remaja di SMA Pertiwi 1 Padang Tahun 2023

Sarasdila, Putri Iranto (2023) Hubungan Kebiasaan Jajan, Durasi Penggunaan Gadget, dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Remaja di SMA Pertiwi 1 Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI SARASDILA PUTRI IRANTO 1911221016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keadaaan status gizi remaja yang tidak baik dapat menimbulkan terjadinya permasalahan gizi, seperti gizi kurang atau gizi lebih yang jika dibiarkan dapat berisiko terjadinya penyakit. Maka dari itu, diperlukan penanganan yang serius terhadap remaja yang mengalami permasalahan status gizi. Selain itu, jika tidak ditangani dengan tepat dapat berlanjut pada risiko terjadinya masalah gizi yang lebih serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kebiasaan jajan, durasi penggunaan gadget, dan aktivitas fisik dengan status gizi remaja di SMA Pertiwi 1 Padang tahun 2023. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai Desember. Sampel berjumlah 86 yang diambil dengan cara stratified random sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji statistik Chi-Square dengan melihat nilai Fisher’s Exact Test. Hasil penelitian menunjukkan siswa/i dengan status gizi normal lebih banyak 77,8% dibandingkan siswa/i dengan status gizi overweight 22,2%. Selain itu, diperoleh kebiasaan jajan jarang 91,4%, durasi penggunaan gadget tinggi 82,7%, dan aktivitas fisik sedang 54,3%. Hasil uji statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kebiasaan jajan (p-value 0,648) dan durasi penggunaan gadget (p-value 0,724) dengan status gizi, serta terdapat hubungan yang bermakna antara aktivitas fisik dengan status gizi (p-value 0,0001). Kebiasaan jajan dan penggunaan gadget tidak berhubungan dengan status gizi remaja, sementara aktivitas fisik berhubungan dengan status gizi remaja di SMA Pertiwi 1 Padang tahun 2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fivi Melva Diana, S.K.M., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Fisik, Kebiasaan Jajan, Durasi Penggunaan Gadget, dan Status Gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 29 Feb 2024 10:12
Last Modified: 29 Feb 2024 10:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464677

Actions (login required)

View Item View Item