PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PRODUK INVESTASI KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY YAGER (STUDI KASUS: INDO PREMIER SEKURITAS KOTA PADANG)

Anugrah, Bukyt (2024) PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PRODUK INVESTASI KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY YAGER (STUDI KASUS: INDO PREMIER SEKURITAS KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Bukyt Anugrah_1911522006_Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (BAB I)
Bukyt Anugrah_1911522006_BAB I.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (BAB VI)
Bukyt Anugrah_1911522006_BAB VI.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Bukyt Anugrah_1911522006_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Bukyt Anugrah_1911522006_Laporan TA Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Indo Premier Sekuritas merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang investasi keuangan. Perusahaan ini berperan dalam memberikan layanan terkait investasi keuangan untuk investor maupun calon investor. Investasi memiliki dampak signifikan dalam pengelolaan keuangan dan aset individu, namun pemilihan produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan individu memerlukan seleksi yang cermat terhadap faktor-faktor penentu guna menghindari potensi kerugian. Meskipun Indo Premier Sekuritas telah memiliki tim konsultan ahli, kebutuhan akan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) semakin mendesak untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam menghadapi dinamika kondisi pasar modal. Selain itu, keputusan yang rumit dalam memilih produk investasi keuangan yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko investor sering kali menjadi kendala. Ketidakpahaman mengenai produk investasi keuangan dan risikonya dapat mengarah pada pemilihan yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan rekomendasi produk investasi keuangan dengan menggunakan metode Fuzzy Yager sesuai dengan preferensi dan kebutuhan investor,serta memberikan hasil yang lebih terkomputerisasi dan terstruktur dalam pemilihan produk investasi keuangan. Penerapan SPK dengan metode Fuzzy Yager mempertimbangkan beberapa kriteria seperti jangka waktu, akses informasi, pengendalian investasi, pemahaman kinerja historis, tingkat pengetahuan, dan tingkat pengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPK metode Fuzzy Yager dapat memberikan rekomendasi produk investasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan nvestor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haris Suryamen, M.Sc. and Ullya Mega Wahyuni, M.Kom.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 01 Mar 2024 03:13
Last Modified: 01 Mar 2024 03:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464635

Actions (login required)

View Item View Item