Pengaruh Edukasi Manajemen Jantung dan Diabetes Terhadap Pengetahuan, Manajemen Diri dan Readmisi Pada Pasien Acute Coronary Syndrome dengan Diabetes Mellitus Tipe 2 di RSUP DR M Djamil Padang

Rini, Ariani (2024) Pengaruh Edukasi Manajemen Jantung dan Diabetes Terhadap Pengetahuan, Manajemen Diri dan Readmisi Pada Pasien Acute Coronary Syndrome dengan Diabetes Mellitus Tipe 2 di RSUP DR M Djamil Padang. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak_Rini Ariani.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_Rini Ariani.pdf - Published Version

Download (596kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII_Rini Ariani.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Rini Ariani.pdf - Published Version

Download (590kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS OK WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penderita Acute Coronary Syndrome (ACS) dengan Diabetes Melitus tipe 2 (DMT2) mempunyai resiko mengalami readmisi dan kematian lebih tinggi jika tidak mampu melakukan manajemen diri yang baik terhadap kedua kondisi kesehatan tersebut. Pemberian edukasi selama ini masih terfokus pada kondisi ACS, sehingga diperlukan upaya edukasi yang menyeluruh terhadap pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh edukasi manajemen jantung dan diabetes terhadap pengetahuan, manajemen diri, dan readmisi pada pasien ACS dengan DMT2. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan one group pretest postest dilakukan pada pasien ACS dengan DMT2 yang dirawat di Bangsal Jantung RSUP Dr. M Djamil Padang, Indonesia pada bulan Juli hingga Agustus 2023. Booklet digunakan sebagai media edukasi yang disampaikan oleh edukator. Edukator memberikan edukasi setelah pretest dalam tiga sesi dan memberikan booklet pada akhir sesi ketiga. Uji Wilcoxon Signed Rank Test digunakan untuk membandingkan pengetahuan dan manajemen diri sebelum dan sesudah intervensi. Readmisi dalam 30 hari pasca rawatan dikonfirmasi dengan follow up melalui telpon dan rekam medis elektronik. Penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi manajemen jantung dan diabetes meningkatkan pengetahuan (skor 52 vs 92, p<0.001) dan manajemen diri (skor 85 vs 128, p<0.001). Readmission rate 30 hari pasca rawatan setelah rawat inap adalah 10,5%. Penelitian ini menyarankan edukasi komprehensif pada pasien ACS dan DMT2 untuk meningkatkan pengetahuan dan manajemen diri serta mengurangi kejadian readmisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Hema Malini, S.Kp., MN., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Acute Coronary Syndrome; Diabetes Mellitus Tipe 2; Edukasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:01
Last Modified: 29 Feb 2024 03:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464469

Actions (login required)

View Item View Item