PENGARUH LAMA PENGERINGAN KARKAS BURUNG PUYUH (coturnix coturnix japonica) TERHADAP KADAR AIR, pH DAN TEKSTUR DENGAN FOOD DEHYDRATOR

Riski, Aulia Natasya (2024) PENGARUH LAMA PENGERINGAN KARKAS BURUNG PUYUH (coturnix coturnix japonica) TERHADAP KADAR AIR, pH DAN TEKSTUR DENGAN FOOD DEHYDRATOR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama pengeringan yang berbeda dengan menggunakan food dehydrator Kris LT-18 dengan suhu 60ºC terhadap kadar air, pH dan tekstur. Ternak yang digunakan pada penelitian ini adalah burung puyuh yang berumur 3 bulan sebanyak 20 ekor. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu lama pengeringan yang berbeda antara lain pengeringan 0 jam (A), pengeringan 3 jam (B), pengeringan 6 jam (C), dan pengeringan 9 jam (D). Peubah yang diamati yaitu kadar air, pH dan tekstur karkas burung puyuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama pengeringan dengan food dehydrator berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar air, pH dan tekstur karkas burung puyuh dengan kisaran kadar air 36,24% – 70,63%, kisaran ph 5,73 – 6,02 dan kisaran tekstur 0,54 kg/cm2 – 3,52 kg/cm2. Berdasarkan data penelitian, dapat disimpulkan bahwa lama pengeringan yang terbaik dalam pengeringan karkas burung puyuh adalah pengeringan 3 jam (B) dengan rata-rata kadar air 58,03%, pH 5,87 dan tekstur 0,77 kg/cm2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ade Sukma, S.Pt, MP, Ph.D
Uncontrolled Keywords: burung puyuh, food dehydrator, kadar air, pH, tekstur
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:37
Last Modified: 29 Feb 2024 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464437

Actions (login required)

View Item View Item