pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap pengetahuan, kemampuan dan beban keluarga dalam perawatan orang dengan skizofrenia di poliklinik jiwa rsud pariaman

Yuli, Hendro (2024) pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap pengetahuan, kemampuan dan beban keluarga dalam perawatan orang dengan skizofrenia di poliklinik jiwa rsud pariaman. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Bibliography

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga memiliki keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan beban dalam merawat skizofrenia. Untuk itu perlu diberikan terapi untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan menurunkan beban keluarga berupa terapi psikoedukasi keluarga. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap pengetahuan, kemampuan dan beban keluarga yang merawat orang dengan skizofrenia (ODS). Desain penelitian ini adalah Quasy Experimental dengan rancangan penelitian pre test - post test with control groups. Kelompok intervensi diberikan perlakuan terapi psikoedukasi keluarga. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah keluarga ODS yang berkunjung ke poli jiwa RSUD Pariaman. Sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 64 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan keluarga ODS, kemampuan keluarga ODS dan Beban keluarga Zarit Burden Interview (ZBI). Analisis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata – rata kelompok kontrol pre tes untuk pengetahuan 75,38 (sedang), kemampuan 82,16 (sedang), beban 44,30 (sedang) nilai post test pengetahuan menjadi 77,06 (sedang), kemampuan 82,81 (sedang), beban 42,34 (sedang). Nilai rata-rata kelompok intervensi sebelum terapi psikoedukasi keluarga untuk pengetahuan 74,22 (sedang), kemampuan 83,66 (sedang), beban 47,47 (sedang) setelah terapi psikoeduksi keluarga nilai pengetahuan menjadi 86,47 (tinggi), kemampuan 106,41 (tinggi) dan beban 35,09 (ringan). Ada pengaruh signifikan pemberian terapi psikoedukasi keluarga terhadap peningkatan skor pengetahuan sebesar 12,25, peningkatan skor kemampuan sebesar 22,75 dan penurunan skor beban sebesar 12,38 dengan p-value pengetahuan 0,000, kemampuan 0,000 dan beban 0,004. Psikoedukasi keluarga efektif untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta menurunkan beban keluarga yang merawat ODS. Perawat dapat memberikan terapi psikoedukasi keluarga sebagai salah satu intervensi keperawatan kepada keluarga yang merawat ODS di rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep, Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: Skizofrenia, Psikoedukasi, Pengetahuan, Kemampuan, Beban
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:06
Last Modified: 29 Feb 2024 03:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464293

Actions (login required)

View Item View Item