Analisis Nilai Tambah Pengolahan Pisang (M. acuminata Colla) pada UMKM Heni Pisang Sale di Nagari IV Koto Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Yandra, Hidayatul Mikrat (2024) Analisis Nilai Tambah Pengolahan Pisang (M. acuminata Colla) pada UMKM Heni Pisang Sale di Nagari IV Koto Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (BAB V. Kesimpulan dan Saran)
BAB V. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran aktivitas agroindustri serta menganalisis nilai tambah buah pisang menjadi pisang sale pada UMKM Heni pisang sale. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif adalah jenis analisis data yang digunakan. Dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, pendekatan Hayami menentukan nilai tambah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Heni pisang sale yang berlokasi di Nagari IV Koto, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya mengolah buah pisang menjadi pisang sale Teh Heni. Harga buah pisang adalah Rp5.457,46 per kilogram. Buah pisang melewati beberapa tahap dalam produksi pisang sale Teh Heni, termasuk pengupasan, pemotongan, penjemuran, penyortiran, penggorengan dan pengemasan. Pisang sale Teh Heni yang terbuat dari buah pisang, setelah diproses ditawarkan untuk dijual dengan harga Rp90.000 per kilogram. Pada UMKM Heni pisang sale, pengolahan buah pisang menjadi pisang sale Teh Heni menghasilkan nilai tambah sebesar Rp12.689 dengan rasio nilai tambah. 58,75%, nilai tambah ini dikategorikan tinggi karena lebih dari 40%. Jika dibandingkan dengan bagian keuntungan UMKM Heni pisang sale dan kontribusi input lainnya, maka imbalan tenaga kerja sebesar Rp1.150 HOK/Kg atau 7,13% merupakan bagian yang paling kecil. Pembagian keuntungan sebesar Rp11.539 atau 71,56%, dan imbalan atas kontribusi input lainnya sebesar Rp3.454 atau 21,42%. Berdasarkan temuan studi ini, usaha UMKM Heni pisang sale perlu dikembangkan, dan diharapkan pemilik usaha dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja yang digunakan dalam kegiatan produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Nilai Tambah Pengolahan Pisang (M. acuminata Colla)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:11
Last Modified: 29 Feb 2024 03:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464282

Actions (login required)

View Item View Item