Hubungan Pola Asuh Orang Tua, Pengaruh Teman Sebaya, dan Lingkungan Sekolah dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMK Kota Payakumbuh Tahun 2023

Destri, Wulandari (2024) Hubungan Pola Asuh Orang Tua, Pengaruh Teman Sebaya, dan Lingkungan Sekolah dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMK Kota Payakumbuh Tahun 2023. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Bab VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku menyimpang pada remaja terjadi karena tugas perkembangan pada masa remaja tidak tercapai sehingga beberapa remaja memilih untuk melampiaskan emosi mereka dengan cara yang tidak sehat seperti melakukan bullying. Bullying merupakan perilaku agresif berupa penyalahgunaan kekuatan/ kekuasaan yang dilakukan oleh seseorang/sekelompok kepada orang lain, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan fisik, psikologis dan sosial secara berulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua, pengaruh teman sebaya, dan lingkungan sekolah dengan perilaku bullying pada remaja di SMK Kota Payakumbuh Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 355 remaja SMK Kota Payakumbuh dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner diantaranya R-OBVQ (bullying), PSDQ (Pola Asuh Orang Tua), PPS (Pengaruh Teman Sebaya), dan Kuesioner Lingkungan Sekolah. Analisis data menggunakan uji chi-square untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari separuh responden memiliki perilaku bullying berkategori rendah (66,2%), pola asuh orang tua permisif (54,1%), pengaruh teman sebaya rendah (58,6%), dan lingkungan sekolah yang baik (89,9%). Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua (p= 0,000), pengaruh teman sebaya (p= 0,002) dan lingkungan sekolah (p= 0,005) dengan perilaku bullying pada remaja. Faktor yang paling berpengaruh dengan perilaku bullying pada remaja adalah pola asuh orang tua (p=0,000). Saran bagi orang tua adalah melibatkan diri secara aktif dalam kehidupan anak, mendukung pertumbuhan emosional mereka untuk mengurangi perilaku bullying pada remaja.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp, MN, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Perilaku bullying; pola asuh orang tua; pengaruh teman sebaya; lingkungan sekolah; remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:27
Last Modified: 29 Feb 2024 02:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464248

Actions (login required)

View Item View Item