Pengaruh Norma Subyektif, Sikap Pada Perilaku, Persepsi Kontrol Perilaku Dan Keseriusan Kecurangan Terhadap Niat Melakukan Pengungkapan Kecurangan (Whistleblowing) (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Andalas)

Alfi, Istiqomah (2024) Pengaruh Norma Subyektif, Sikap Pada Perilaku, Persepsi Kontrol Perilaku Dan Keseriusan Kecurangan Terhadap Niat Melakukan Pengungkapan Kecurangan (Whistleblowing) (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Text (Bab I Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Text (Bab V Penutup).pdf - Published Version

Download (24kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Full)
Text (Skripsi Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh persepsi norma subyektif, sikap pada perilaku, kontrol perilaku dan tingkat keseriusan kecurangan terhadap niat untuk melakukan pengungkapan kecurangan (whistleblowing) pada mahasiswa akuntansi Universitas Andalas. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitaf yang melibatkan 80 responden dari Angkatan 2019 dan 2020. Sampel dipilih dengan metode stratified random sampling. Teknik pengolahan yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS 23. Berdasarkan uji F dan koefisien determinasi, persepsi norma subyektif, sikap pada perilaku, kontrol perilaku dan keseriusan kecurangan terhadap tingkat solvabilitas perusahaan asuransi, merupakan model yang layak dengan tingkat kemampuan menjelaskan model sebesar 64,9%. Hasil studi ini menunjukkan bahwa secara parsial sikap pada perilaku, kontrol perilaku dan keseriusan kecurangan berpengaruh signifikan terhadap niat melakukan pengungkapan kecurangan (whistleblowing), sementara persepsi norma subyektif tidak berpengaruh signifikan terhadap niat melakukan pengungkapan kecurangan (whistleblowing).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yuskar, SE., MA., Ak., CA
Uncontrolled Keywords: Persepsi Norma Subyektif Sikap pada Perilaku Kontrol Perilaku Keseriusan Kecurangan Niat Whistleblowing
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:05
Last Modified: 28 Feb 2024 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463899

Actions (login required)

View Item View Item