ANALISIS PENGARUH IKLIM KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KELELAHAN KERJA PADA AREA PRODUKSI PABRIK KARET REMAH(Studi Kasus: PT Famili Raya CRF Kota Padang)

Monica, Sari (2024) ANALISIS PENGARUH IKLIM KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KELELAHAN KERJA PADA AREA PRODUKSI PABRIK KARET REMAH(Studi Kasus: PT Famili Raya CRF Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Tugas Akhir_Monica Sari_1910941016)
Tugas Akhir_Monica Sari_1910941016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT Famili Raya CRF Kota Padang merupakan industri karet remah yang area produksinya terdiri dari area basah dan kering. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kelelahan, pengaruh beban kerja, iklim kerja dan karakteristik pekerja terhadap kelelahan di area produksi sehingga memberikan rekomendasi pengendalian terkait kelelahan. Jumlah pekerja yang dijadikan responden sebanyak 56 pekerja. Analisis kelelahan kerja secara subjektif pada kelompok kerja besar atau kelompok sampel yang dapat mewakili seluruh populasi dengan menggunakan metode kuesioner Industrial Fatigue Research Committee (IFRC), pengukuran iklim kerja menggunakan alat ukur Wet Bulb Globe Temperature (WBGT) dan pengukuran beban kerja dihitung berdasarkan SNI nomor 7269 tahun 2009. Hasil pengukuran iklim berupa Indeks Suhu Bola Basah (ISBB) di area produksi pada siang dan malam hari diperoleh di atas nilai ambang batas sebesar 27,5˚C dan 29˚C berdasarkan ketentuan pemerintah. Hasil analisis beban kerja menunjukkan kategori tingkat rendah sebesar 32,1%, tingkat sedang 41,1%, dan tingkat berat 26,8%. Tingkat kelelahan kerja kategori sedang 73,2% dan kategori ringan 26,9%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara iklim kerja dengan kelelahan (p-value = 0,018), beban kerja (p-value = 0,030), usia (p-value = 0,000), dan masa kerja (p-value = 0,002). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan kelelahan (p-value = 0,275). Rekomendasi yang diberikan dalam pengendalian kelelahan kerja adalah perusahaan meningkatkan ventilasi dan menambahkan alat untuk penurunan suhu di ruang kerja, pekerja disarankan untuk minum air putih yang cukup setiap hari, dan perusahaan dapat menyediakan makanan bergizi dan pemeriksaan kesehatan rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Tivany Edwin, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Area Produksi, Beban Kerja, IFRC, Iklim Kerja, Kelelahan
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 27 Feb 2024 09:57
Last Modified: 27 Feb 2024 09:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463851

Actions (login required)

View Item View Item