STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMOTONGAN AYAM BROILER DI RPA KOPERASI SAUDAGAR MINANG RAYA, KELURAHAN AIA PACAH KOTA PADANG

Habibah, Amna (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMOTONGAN AYAM BROILER DI RPA KOPERASI SAUDAGAR MINANG RAYA, KELURAHAN AIA PACAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Full text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada usaha Rumah Potong Ayam (RPA) Koperasi Saudagar Minang Raya (KSMR) kelurahan Aia Pacah, kecamatan Koto Tangah kota Padang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan eksternal dan internal perusahaan RPA KSMR dan merumuskan strategi yang tepat dalam pengembangan usaha dengan menggunakan metode studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan matriks EFE dan IFE, matriks IE, matriks SWOT dan matriks QSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan eksternal usaha RPA KSMR terdiri dari peluang berupa (1) Kesadaran masyarakat terhadap gizi dan kesehatan, (2) Perkembangan teknologi, (3) RPA KSMR Satu-satunya RPA modern yang ada dikota Padang, (4) Banyaknya UMKM baru yang menggunakan bahan baku ayam. Ancaman yang dimiliki berupa (1) Perkembangan berbagai penyakit yang menyerang unggas, (2) Adanya persaingan industri, (3) Kurang konsisten pemasok ayam, (4) Produk mengalami fluktuasi harga. Lingkungan internal terdiri dari kekuatan berupa : (1) Memiliki sertifikasi produk, (2) Teknologi yang canggih dan modern, (3) Lokasi perusahaan yang strategis, (4) Memiliki produk olahan (bakso dan marinasi), dan kelemahan berupa : (1) Kurangnya kegiatan promosi, (2) Tidak membentuk kemitraan (market contract), (3) Pemasok yang tidak tetap, (4) Belum melakukan penelitian dan pengembangan. Rumusan strategi dalam pengembangan usaha RPA kedepannya terdiri dari : 1) Memperbaiki dan meningkatkan kemampuan manajerial melalui evaluasi, 2) Melakukan penataan organisasi khususnya dalam bidang pemasaran untuk menghadapi tingkat persaingan yang semakin tinggi, 3) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk akan tetapi tetap bersaing dalam harga dan 4) Meningkatkan kegiatan promosi melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arfa’i, MS
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Usaha, RPA KSMR, Strategi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:47
Last Modified: 27 Feb 2024 03:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463683

Actions (login required)

View Item View Item