IDENTIFIKASI BAKTERI DARI TANAH TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) AIR DINGIN KOTA PADANG DAN KARAKTERISASI KEMAMPUANNYA DALAM MENDEGRADASI LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE)

Felisha, Salma Nabilah Reanto (2024) IDENTIFIKASI BAKTERI DARI TANAH TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) AIR DINGIN KOTA PADANG DAN KARAKTERISASI KEMAMPUANNYA DALAM MENDEGRADASI LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Limbah plastik merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang hingga saat ini belum tertangani dengan baik sehingga diperlukan solusi alternatif dalam penanggulangannya, salah satunya adalah dengan metode biodegradasi. Bakteri menjadi salah satu mikroorganisme yang dapat berperan dalam proses biodegradasi plastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkarakterisasi kemampuan bakteri dari tanah TPA Air Dingin Kota Padang yang yang mampu mendegradasi plastik tipe Low-density polyethylene (LDPE). 11 Isolat tunggal bakteri yang berhasil terisolasi diberi label isolat I.F.1-11 dan diujikan kemampuan biodegradasinya menggunakan Carbon Free Basal Agar Media (CFBAM) yang diberikan sampel LDPE dengan masa inkubasi selama 30 hari. LDPE hasil biodegradasi dianalisis pengurangan berat, perubahan struktur dan perubahan morfologinya. Isolat I.F.1, I.F.6 dan I.F.7 menunjukkan kemampuan degradasi terbaik dengan persen kehilangan berat sebesar 1,058% 1,034% dan 1,082%. Karakteristik LDPE setelah biodegradasi menunjukkan terjadinya peningkatan intensitas serapan dari masing-masing gugus fungsi yang menunjukkan terjadinya proses depolimerisasi. Perubahan morfologi LDPE menunjukkan permukaan LDPE yang semula halus menjadi kasar. Perubahan yang terjadi menunjukkan adanya aktivitas biodegradasi oleh isolat bakteri. Hasil identifikasi molekuler isolat bakteri melalui pensejajaran urutan gen 16S rRNA menunjukkan bahwa bakteri Bacillus cereus strain SW9SE, Bacillus anthracis strain 4-3 dan Bacillus subtilis strain Bs24 yang berhasil terisolasi dari dari TPA Air Dingin Kota Padang memiliki kemampuan dalam mendegradasi LDPE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.rer.nat. Syafrizayanti
Uncontrolled Keywords: Tanah TPA Air Dingin Kota Padang, Bakteri, Biodegradasi, LDPE
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QR Microbiology
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:42
Last Modified: 27 Feb 2024 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463634

Actions (login required)

View Item View Item