Hubungan Intensitas Pemakaian Gawai Dengan Perkembangan Bicara dan Bahasa Pada Anak Pra Sekolah di PAUD Wilayah Kerja Puskesmas Rawang Kota Padang Tahun 2023

Nurul, Atika (2024) Hubungan Intensitas Pemakaian Gawai Dengan Perkembangan Bicara dan Bahasa Pada Anak Pra Sekolah di PAUD Wilayah Kerja Puskesmas Rawang Kota Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (full text)
E-Skripsi Atika Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan bicara dan bahasa adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan untuk memberikan respon terhadap suara, berbicara, berkomunikasi, dan mengikuti perintah. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan bicara dan bahasa adalah intensitas pemakaian gawai, yaitu durasi dan frekuensi seorang anak dalam menggunakan gawai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan intensitas pemakaian gawai dengan perkembangan bicara dan bahasa pada anak prasekolah di PAUD Wilayah Kerja Puskesmas Rawang Kota Padang Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia prasekolah usia 60-72 bulan sebanyak 66 responden. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling. Data diperoleh dengan teknik wawancara menggunakan lembar Denver Development Skrining Test (DDST) dan Kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-square (p≤0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar anak prasekolah memiliki perkembangan bicara dan bahasa normal sebanyak (59,1%) dan sebagian besar menggunakan gawai dengan intensitas sedang (54,5%). Pada penelitian ini didapatkan hasil uji Chi-square dengan nilai (p=0,001). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang bermakna antara intensitas pemakaian gawai yang tinggi dengan perkembangan bicara dan bahasa pada anak prasekolah di PAUD Wilayah Kerja Puskesmas Rawang Kota Padang Tahun 2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rauza Sukma Rita, PhD
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:21
Last Modified: 27 Feb 2024 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463326

Actions (login required)

View Item View Item