Uji Peforma Kampas Rem Komposit Polyester dengan Serat Karbon dan Serat Sansevieria Terhadap Massa, Waktu, Temperatur, dan Kekerasan

Rahmat, Hidayat (2024) Uji Peforma Kampas Rem Komposit Polyester dengan Serat Karbon dan Serat Sansevieria Terhadap Massa, Waktu, Temperatur, dan Kekerasan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (516kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Laporan TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kampas rem sepeda motor pada umumnya terbuat dari bahan asbes dengan campuran SiC, Mn atau Co melalui proses sintering yang disertai penekanan. Penggunaan asbes pada kampas rem memiliki dampak negatif bagi kesehatan manusia yaitu dapat menyebabkan luka gores pada paru-paru, kanker paru-paru, kanker saluran pernapasan, dan dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan banyak penelitian-penelitian yang dilakukan untuk memodifikasi material dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih baik. Salah satunya penggunaan komposit pada kampas rem. Komposit terbentuk dari campuran dua atau lebih material baku dengan tujuan untuk mendapatkan mechanical properties atau sifat mekanis yang lebih baik dan lebih bernilai. Berdasarkan penjelasan diatas penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh presentase serat karbon dan serat sansevieria dengan matriks Polyester terhadap keausan dan kekerasan material komposit. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pengujian waktu pengereman dengan kecepatan 30 km/jam pengurangan terkecil terdapat pada komposisi polyester 60%, serat sansevieria 30% , dan serat karbon 10% yaitu 2,02 s. Pada kecepatan 50 km/jam pengurangan terkecil pada komposisi polyester 60%, serat sansevieria 30% , dan serat karbon 10% yaitu 2,88 s. Pada kecepatan 70 km/jam pengurangan terkecil pada komposisi polyester 60%, serat sansevieria 30% , dan serat karbon 10% yaitu 3,75 s. Pada pengujian temperatur kampas rem dengan kecepatan 30 km/jam paling mendekati dengan konvensional yaitu komposisi polyester 60%, serat sansevieria 10% , dan serat karbon 30% dengan temperatur 81,2 ºC. Pada kecepatan 50 km/jam temperatur kampas rem mendekati konvensional yaitu komposisi polyester 60%, serat sansevieria 20% , dan serat karbon 20% yaitu pada temperatur 153,2 ºC, kecepatan 70 km/jam temperatur kampas rem mendekati dengan konvensional yaitu komposisi polyester 60%, serat sansevieria 20% , dan serat karbon 20% yaitu pada temperatur 174,2 ºC. Pada pangujian kekerasan yang medekati dengan literatur pada komposisi polyester 60%, serat sansevieria 20% , dan serat karbon 20% yaitu 32,97 VHN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: NUSYIRWAN, M.T
Uncontrolled Keywords: Komposit, Kampas rem , Serat Karbon, Serat sansevieria
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:13
Last Modified: 26 Feb 2024 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463255

Actions (login required)

View Item View Item