Fitri, Rahmat Tunisya (2024) Usulan dan Analisis Kelayakan Pengembangan Bisnis Pada Produk Rendang Dapur Yonica Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (94kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (119kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (49kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (119kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tingkat pertumbuhan industri yang semakin meningkat, menyebabkan banyaknya industri-industri yang bermunculan. Tidak hanya industri dengan skala besar dan menengah, akan tetapi industri rumahan dan industri kecil menengah (IKM) juga terus bermunculan. Rendang Dapur Yonica merupakan salah satu pelaku IKM pengolahan rendang kemasan yang berada di Padang. Dapur Yonica memiliki beberapa kendala yang ditemui, seperti adanya persaingan dengan kompetitor lokal dengan produk sejenis, pemasaran dan pendistribusian rendang yang masih minim dengan hanya menitipkan produk ke beberapa toko oleh-oleh yang berada di Padang serta penjualan yang dilakukan melalui platform ecommerce yang masih minim. Dapur Yonica belum memiliki toko penjualan produk sendiri serta pembagian kerja yang tidak baku sehingga adanya kelemahan dalam sumber daya manusia yang dimiliki. Sehingga Dapur Yonica perlu menentukan strategi pengembangan bisnis yang akan dilakukan serta uji kelayakan apakah strategi prioritas tersebut dapat diterapkan pada bisnis ini. Terdapat 3 tahapan pengembangan bisnis Dapur Yonica, yaitu tahapan pemasukan data menggunakan matriks IFAS (Internal Faktor Analysis Strategi) dan EFAS (External Factors Analysis Strategi), kemudian tahapan pencocokkan data menggunakan matriks IE (IFAS dan EFAS) dan matriks SWOT lalu tahapan pengambilan keputusan menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Strategi prioritas pengembangan bisnis Dapur Yonica berdasarkan QSPM akan dianalisis kemudian dilakukan analisis kelayakan terhadap strategi tersebut apakah layak dan dapat diterapkan sesuai dengan keadaan dan kemampuan yang dimiliki Dapur Yonica. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat 18 indikator kekuatan, 11 indikator kelemahan, 14 indikator peluang dan 7 indikator ancaman. Dapur Yonica berada pada kuadran II pada posisi bisnis tumbuh dan membangun dengan total skor matriks IFAS adalah 2.889 dan skor matriks EFAS adalah 3.109. Terdapat 15 rancangan strategi pengembangan bisnis Dapur Yonica yang didapatkan berdasarkan matriks IE dan matriks SWOT. Strategi prioritas Dapur Yonica yang diperoleh dari perhitungan QSPM adalah strategi intensif dengan Total Attractive Score (TAS) adalah 6.390. Strategi intensif terdiri dari 12 rancangan strategi pengembangan bisnis Dapur Yonica. Berdasarkan hasil uji kelayakan strategi bisnis Dapur Yonica yang telah dilakukan terdapat 5 strategi layak, 5 strategi dengan peninjauan lebih lanjut dan 2 strategi tidak layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. AHMAD SYAFRUDDIN INDRAPRIYATNA, M. T |
Uncontrolled Keywords: | Dapur Yonica, Pengembangan Bisnis, Rendang, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 06:59 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 06:59 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463090 |
Actions (login required)
View Item |