Efektivitas Program Rasa Sejiwa (Kelurahan Siaga Sehat Jiwa) Dalam Meningkatkan Kesadaran Pasien Gangguan Jiwa di Puskesmas Nanggalo Kota Padang

Rizka, Milanda (2024) Efektivitas Program Rasa Sejiwa (Kelurahan Siaga Sehat Jiwa) Dalam Meningkatkan Kesadaran Pasien Gangguan Jiwa di Puskesmas Nanggalo Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text
2. bab I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (712kB)
[img] Text
3. bab akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full Rizka Milanda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas program Rasa Sejiwa dalam meningkatkan kesadaran pasien gangguan jiwa di Kota Padang. Dilatarbelakangi karena tingginya kasus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang terlantar di wilayah Puskesmas Nanggalo Kota Padang. Sehingga lahirlah program Rasa Sejiwa yang digagas oleh salah satu perawat Puskesmas Nanggalo. Dengan adanya program ini dinilai mampu memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang lebih dekat kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori Pengukuran Efektivitas dari Edy Sutrisno yang menyatakan bahwa terdapat 5 variabel pengukuran efektivitas, yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling dan menguji keabsahan data peneliti dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas Program Rasa Sejiwa dalam meningkatkan kesadaran pasien gangguan jiwa di Puskesmas Nanggalo Kota Padang secara umum sudah efektif. Hal ini diketahui bahwa keseluruhan variabel pengukuran efektivitas yang meliputi pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata dapat terlaksana secara efektif oleh Puskesmas Nanggalo dan bantuan dari peran kader jiwa. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya pelatihan terhadap para kader sebelum pelaksanaan program, tercapainya target sasaran pelayanan. Serta semakin meningkatnya tingkat kepatuhan pasien jiwa dalam minum obat. Adapun kendala dalam pelaksanaan program yaitu tidak terjalinnya komunikasi antar lintas sektor yang terlibat sehingga terjadi kesalahpahaman antar kedua pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Gangguan Jiwa, Pelayanan Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:44
Last Modified: 23 Feb 2024 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462981

Actions (login required)

View Item View Item