KOMUNIKASI LINGKUNGAN CSR PT PLN UNIT INDUK DISTRIBUSI SUMATERA BARAT (Studi Kasus pada Kelompok Unit Bank Sampah di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang)

Dinda, Putri Sari Mekah (2024) KOMUNIKASI LINGKUNGAN CSR PT PLN UNIT INDUK DISTRIBUSI SUMATERA BARAT (Studi Kasus pada Kelompok Unit Bank Sampah di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full Text_Dinda Putri Sari Mekah_1910861025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KOMUNIKASI LINGKUNGAN CSR PT PLN UNIT INDUK DISTRIBUSI SUMATERA BARAT (Studi Kasus pada Kelompok Unit Bank Sampah di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang) Oleh: Dinda Putri Sari Mekah 1910861025 Dosen Pembimbing: Dr. Sarmiati, M.Si Ilham Havifi, M.I.Kom Bentuk kepedulian dari perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat dengan melakukan kegiatan yang disebut Corporate Social Responsibility (CSR). Bentuk program CSR dari PT PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat pada Kelompok Unit Bank Sampah Pasie Nan Tigo terletak di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang. Komunikasi Lingkungan merupakan pendekatan strategi dan teknik komunikasi dalam menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan CSR PT PLN dan menganalisis secara mendalam komunikasi lingkungan Kelompok Unit Bank Sampah di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang sebagai mitra binaan PT PLN. Peneliti melakukan analisis dengan menggunakan teori Triple Bottom Line. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan teknik analisis data Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa PT PLN melaksanakan program CSR dengan beberapa langkah-langkah seperti melakukan social mapping kepada Bank Sampah Pasie Nan Tigo melalui kolaborasi dengan para stakeholder yang memiliki visi, misi yang sama. Upaya komunikasi lingkungan yang dilakukan Bank Sampah Pasie Nan Tigo dengan melakukan analisis situasi terhadap masalah sampah di lingkungan Kelurahan Pasie Nan Tigo, melakukan kegiatan sosialisasi, edukasi serta pelatihan kepada masyarakat. Bentuk sosialisasi dan edukasi adalah berupa pengolahan sampah plastik menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Hasil dari pelatihan tersebut menghasilkan produk-produk yang bernilai jual tinggi serta mendapatkan beberapa penghargaan. Saat ini produk olahan sampah plastik dari Bank Sampah Pasie Nan Tigo sudah banyak dan produk-produk tersebut disebarkan melalui sosial media Instagram. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, PT PLN, Komunikasi Lingkungan, Bank Sampah Pasie Nan Tigo

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, PT PLN, Komunikasi Lingkungan, Bank Sampah Pasie Nan Tigo
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:20
Last Modified: 26 Feb 2024 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462790

Actions (login required)

View Item View Item