PROYEK OPTIMALISASI PRODUKSI LIMESTONE CRUSHER 6 & LONG BELT CONVEYOR UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BAHAN BAKU PABRIK PT SEMEN PADANG

Ricky, Aprinaldo (2024) PROYEK OPTIMALISASI PRODUKSI LIMESTONE CRUSHER 6 & LONG BELT CONVEYOR UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BAHAN BAKU PABRIK PT SEMEN PADANG. Universitas Andalas. (Unpublished)

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover (1).pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text
TA Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Batu Kapur (limestone) merupakan bahan baku utama dalam pembuatan semen. Suplai limestone PT Semen Padang diperoleh dari Tambang milik sendiri yang dikelola oleh Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku. Proses penambangan limestone meliputi persiapan lahan, peledakan, pemuatan (loading), pengangkutan (hauling), penggilingan (crushing) dan pengiriman (conveying) menuju ke storage masing-masing pabrik. Seiring dengan pengembangan tambang dan pengamanan bahan baku PT Semen Padang, pengolahan limestone mulai difokuskan pada Limestone Crusher 6 (LSC 6) yang memiliki jarak yang paling dekat dengan area penambangan jika dibandingkan dengan crusher lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi biaya hauling dalam proses penambangan. Selama tahun 2019, capaian produksi crusher LSC 6 hanya 2,1 juta ton limestone dengan persentase produksi hanya 22,8 % dari total produksi seluruh Crusher Tambang PT Semen Padang dengan produktivitas rata-rata hanya mencapai 1091 ton/jam. Selain itu, ketidakstabilan tonase output crusher serta kerusakan long belt conveyor juga menjadi masalah dalam operasional LSC 6. Proyek ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam operasional LSC 6 sehingga optimalisasi produksi limestone dari LSC 6 dapat memenuhi kebutuhan bahan baku Pabrik PT Semen Padang. Dari analisa yang dilakukan terhadap permasalahan tersebut, pekerjaan perbaikan yang akan dilakukan dalam proyek ini adalah pembuatan program otomatis untuk pengaturan feed rate LSC 6 dan pemasangan metal detector pada belt output LSC 6. Hasil yang diperoleh setelah proyek optimalisasi dilaksanakan adalah peningkatan persentase produksi limestone LSC 6 lebih dari 70% terhadap total produksi seluruh crusher Tambang PT Semen Padang dan produktivitas rata-rata mencapai 1483 ton/jam dalam rentang waktu Juni 2021 s.d September 2023.

Item Type: Other
Primary Supervisor: Ir. Benny Dwika Leonanda MT, IPM, ASEAN Eng.
Uncontrolled Keywords: limestone crusher, long belt conveyor, feed rate, metal detector
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:24
Last Modified: 21 Feb 2024 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462624

Actions (login required)

View Item View Item