ANALISIS PENGARUH DAUN PISANG DAN DAUN GAMAL (Gliricida sepium) PADA PROSES PERCEPATAN PEMATANGAN BUAH PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.)

Muhammad, Rezky Adrila (2024) ANALISIS PENGARUH DAUN PISANG DAN DAUN GAMAL (Gliricida sepium) PADA PROSES PERCEPATAN PEMATANGAN BUAH PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
TEXT (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (943kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Pisang Kepok merupakan salah satu produk hortikultura. Buah pisang yang baik adalah pisang yang mengalami proses matang di pohon, namun petani tidak dapat mengambil pisang dalam keadaan tersebut karena akan busuk sebelum sampai dijual ke pasar. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghindari hal tersebut adalah pemeraman. Bahan pemeraman yang digunakan pada buah pisang Kepok adalah daun pisang dan daun Gamal. Daun Gamal dan daun pisang merupakan bahan pemacu pematangan alami yang dapat mempercepat kematangan dan produksi etilen yang ada pada pisang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis pemacu pematangan tercepat terhadap perubahan kematangan buah pisang Kepok. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap 1 Faktor. Faktor yang diteliti yaitu jenis pemacu pematangan yang terdiri dari daun Gamal dan daun pisang. Rasio daun Gamal yang digunakan 20%, 30%, 40% dan rasio daun pisang 20% 30%, 40%. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan hasil uji ANOVA menyatakan bahwa jenis pemacu pematangan daun Gamal dan daun pisang memberikan pengaruh nyata terhadap susut bobot, total padatan terlarut, kekerasan, kadar air, dan warna. Rasio daun Gamal 40% merupakan perlakuan tercepat terhadap perubahan kematangan buah pisang Kepok, dengan nilai susut bobot 0,9907 %, total padatan terlarut 14,7 °Brix, kekerasan 19,695 (N/cm2), kadar air 72,20 %, dan warna (light) sebesar 55,563.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ifmalinda S.TP, MP
Uncontrolled Keywords: Daun Gamal, Daun Pisang, Pemeraman, Pisang Kepok.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: S1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 21 Feb 2024 09:38
Last Modified: 21 Feb 2024 09:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462613

Actions (login required)

View Item View Item