Pengujian Lentur Terhadap Balok Komposit Bermatrik Polyester dan Vinylester Dengan Reinforcement Serat Tandan Kelapa Sawit

Fyrza, Al Hafizh Putra (2024) Pengujian Lentur Terhadap Balok Komposit Bermatrik Polyester dan Vinylester Dengan Reinforcement Serat Tandan Kelapa Sawit. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pengetahuan untuk mendukung perkembang tersebut, salah satunya di bidang material. Salah satu jenis material yang dikembangkan pada saat ini yaitu komposit. Material komposit dengan matriks polimer saat ini mengalami perkembangan dari segi penggunaan maupun riset. Riset yang diharapkan memiliki kekuatan yang lebih baik, ringan, dan mudah diproses. Peningkatan sifat mekanik dari material dapat dilakukan dengan cara pencampuran beberapa polimer. Banyak riset yang dilakukan mengenai material komposit dengan tambahan serat alam (natural fiber reinforced polymer composite). Komposit dapat berperan besar dalam suatu komponen seperti pegas daun, bumper dan komponen lainya, serta pemanfaatan dari komposit ini juga mempunyai nilai guna dan dampak positif di bidang industry otomotif. Penggunaan komposit dapat mengurangi beban dari kendaraan seberat 10%, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar sebanyak 7%. Maka akan dilakukan pengujian dari sifat mekanik komposit sebagai ide baru dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan reinforcement serat tandan kelapa sawit dengan variasi massa serat tandan kelapa sawit. Sifat mekanik yang biasanya ditingkatkan pada material komposit adalah kekuatan lentur. Pembuatan material komposit menjadi alternatif dalam dunia industri, karena proses pembuatan yang relatif sederhana dibanding logam. Penelitian ini dibuat material komposit dengan menggunakan penguat (reinforcement) serat tandan kelapa sawit dengan matriks polyester dan vinyl ester. Pengujian yang dilakukan kekuatan lentur dengan menggunakan bending test, dengan menggunakan variabel persentase serat tandan kelapa sawit 0%, 5%, 10%, 15%, serta variasi polyester : vinyl ester adalah 70:30 dan MMA 10%. Diharapkan dengan variasi persentase serat tandan kelapa sawit dapat meningkatkan kekuatan lentur dari spesimen yang akan dibuat. Kata kunci : serat tandan kelapa sawit, komposit, pengujian kekuatan kelenturan, polyester, vinyl ester.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir.Nusyirwan, M.T
Uncontrolled Keywords: serat tandan kelapa sawit, komposit, pengujian kekuatan kelenturan, polyester, vinyl ester.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:22
Last Modified: 22 Feb 2024 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462598

Actions (login required)

View Item View Item