Evaluasi Pengaruh Aktivitas Pasar terhadap Kinerja Lalu Lintas di Jalan Parak Laweh Kota Padang

Lidya, Syurga Hayani (2024) Evaluasi Pengaruh Aktivitas Pasar terhadap Kinerja Lalu Lintas di Jalan Parak Laweh Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I FIX.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V FIX.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FINAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pasar Pagi Parak Laweh berada pada Ruas Jalan Parak Laweh. Aktivitas manusia yang melakukan kegiatan di pasar mengakibatkan adanya hambatan samping yang terjadi berupa kendaraan parkir di bahu jalan dan pejalan kaki yang berbelanja di kawasan pasar. Tujuan penulisan ini adalah adalah untuk mengkuantifikasi kinerja lalu lintas, memprediksi kinerja lalu lintas pada masa yang akan datangdan melakukan alternatif solusi untuk Ruas jalan Parak Laweh tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menganalisis data menggunakan metode yang terdapat pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa volume lalu lintas harian rata – rata mencapai 10410.8 smp/jam untuk lalu lintas arah utara dan 10481.5 smp/jam untuk lalu lintas arah selatan dengan nilai derajat kejenuhan maksimum sebesar 0.55 dengan tingkat pelayanan C dimana arus stabil, kecepatan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi memilih kecepatan. Diprediksi volume lalu lintas pada Ruas Jalan Pasar Pagi Parak Laweh Kota Padang 5 tahun kedepan meningkat sebesar 2% per tahun sehingga pada tahun 2023 – 2028 total peningkatan sebesar 10%. Alternatif Solusi yang di usulkan adalah menghilangkan pejalan kaki dan kendaraan parkir / berhenti di badan jalan sehingga tingkat pelayanan jalan naik menjadi kategori B dimana arus stabil, kecepatan mulai dibatasi kondisi lalu lintas dan pengemudi memiliki kebebasan memilih kecepatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Elsa Eka Putri,S.T.,M.Sc(Eng),Ph.D
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Pasar, Volume Lalu Lintas, Hambatan Samping, Tingkat pelayanan Jalan, Paired Sample t-Test
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:27
Last Modified: 29 Feb 2024 02:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462498

Actions (login required)

View Item View Item