Studi Eksperimental dan Numerik Perkuatan Geser Balok dengan Bukaan Menggunakan Lembaran CFRP

Afifah, Ghoetti Ananda (2024) Studi Eksperimental dan Numerik Perkuatan Geser Balok dengan Bukaan Menggunakan Lembaran CFRP. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abtrak.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan kapasitas geser balok beton bertulang dengan bukaan yang diperkuat oleh lembaran CFRP. Benda uji terdiri dari lima belas balok yang pada pengujian sebelumnya mengalami kegagalan geser yaitu tiga balok kontrol, tiga balok perkuatan dengan diameter bukaan 3 inci dan jarak 1 diameter, tiga balok perkuatan dengan diameter bukaan 4 inci dan jarak 1 diameter, tiga balok perkuatan dengan diameter bukaan 4 inci dan jarak 2 diameter, dan tiga balok perkuatan dengan diameter bukaan 4 inci dan jarak 3 diameter. Variabel uji yang digunakan adalah tiga variasi tulangan tarik longitudinal (2D13, 3D13, dan 5D13). Pemasangan perkuatan lembaran CFRP dilakukan dengan melapisi benda uji dan perkuatan menggunakan epoksi dan silika fume. Pengujian dilakukan dengan tumpuan sederhana dan diberi beban secara monotonik dengan dua beban terpusat. Kemudian dilakukan studi numerik untuk memprediksi kapasitas lentur (RCCSA) dan menentukan perilaku balok dengan metode elemen hingga dua dimensi (ATENA 2D). Hasil pengujian menunjukkan bahwa rata-rata benda uji yang diperkuat dapat mencapai kapasitas lentur, namun kegagalan geser tetap terjadi di sebagian benda uji dengan rasio tulangan yang besar. Hasil dari studi numerik mendekati hasil eksperimental dengan baik dan daerah keruntuhan juga teridentifikasi dari tegangan tekan utama terbesar oleh ATENA 2D.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr, Eng. Ir. Rendy Thamrin. S.T. M.T
Uncontrolled Keywords: Balok Beton Bertulang dengan Bukaan, Kapasitas Geser, Eksperimental, Perkuatan Geser, Lembaran CFRP, Metode Elemen Hingga.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:59
Last Modified: 20 Feb 2024 03:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462338

Actions (login required)

View Item View Item