GAMBARAN KARAKTERISTIK, DERAJAT KEPARAHAN, LOKASI, UKURAN LESI, DAN TINGKATAN STRES PADA PASIEN LIKEN SIMPLEKS KRONIK DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS ANDALAS PERIODE AGUSTUS 2019 – AGUSTUS 2023

Muflihati, Nurzain (2024) GAMBARAN KARAKTERISTIK, DERAJAT KEPARAHAN, LOKASI, UKURAN LESI, DAN TINGKATAN STRES PADA PASIEN LIKEN SIMPLEKS KRONIK DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS ANDALAS PERIODE AGUSTUS 2019 – AGUSTUS 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (592kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Liken Simpleks Kronik (LSK) adalah salah satu jenis eksim yang merusak skin barrier yang bersifat kronik residif. Salah satu faktor penyebabnya adalah stres. Stres menyebabkan pasien untuk menggaruk kulit secara intensif dan membuat kulit iritasi akibat siklus gatal-garuk yang sulit dihentikan sehingga akan memperburuk tampilan dan ukuran lesi. Tujuan penelitian ini adalah melihat gambaran karakteristik, derajat keparahan, lokasi, ukuran lesi, dan tingkatan stres pada pasien LSK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel penelitian adalah pasien LSK yang sudah terdiagnosis dari Poliklinik Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas melalui data rekam medis pasien periode Agustus 2019 - Agustus 2023 sebanyak 42 orang. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Derajat Keparahan dinilai menggunakan skor EASI. Lokasi lesi ditentukan dari hasil data rekam medis yang sudah didapatkan. Ukuran lesi diukur dengan alat pita ukur. Tingkatan Stres dinilai menggunakan kuesioner PSS-10. Analisis data menggunakan analisis univariat (usia, jenis kelamin, pekerjaan, derajat keparahan, lokasi lesi, dan ukuran lesi). Pada penelitian ini ditemukan liken simpleks kronik banyak terdapat pada rentang usia 56-65 tahun (42,9%), didominasi oleh perempuan (57,1%), pekerjaan paling banyak adalah PNS (28,6%), dominasi derajat keparahan ringan dan sedang (40,5%), lokasi terbanyak di pergelangan kaki (26,2%), ukuran lesi terbanyak plakat/plak (90,5%), dominasi stres sedang (57,1%). Kesimpulan penelitian ini didapatkan rentang usia 56-65 tahun, didominasi oleh perempuan, pekerjaan paling banyak adalah PNS, dominasi derajat keparahan ringan dan sedang, lokasi terbanyak di pergelangan kaki, ukuran lesi terbanyak plakat/plak, dominasi stres sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rina Gustia, Sp.D.V.E, Subsp.D.A, FINSDV, FAADV
Uncontrolled Keywords: Derajat Keparahan, Liken Simpleks Kronik, Lokasi Lesi, Tingkat Stres, Ukuran Lesi.
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:51
Last Modified: 21 Feb 2024 01:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462146

Actions (login required)

View Item View Item