HUBUNGAN ANTARA STATUS HIDRASI DENGAN DAYA KONSENTRASI ANAK SEKOLAH DASAR ALAM AR-ROYYAN PADANG

Miftahul, Nurul Salsadilla Putri (2024) HUBUNGAN ANTARA STATUS HIDRASI DENGAN DAYA KONSENTRASI ANAK SEKOLAH DASAR ALAM AR-ROYYAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Skiripsi Full Text)
SKRIPSI FULL .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Hidrasi merupakan salah satu permasalahan kesehatan pada anak sekolah. Sebagian besar anak masih mengalami dehidrasi yang dapat berdampak pada performanya di sekolah. Keadaan dehidrasi dapat menurunkan kemampuan kognitif seperti kemampuan memori, konsentrasi, dan berpikir kreatif, sehingga dapat menyebabkan terjadinya penurunan prestasi akademik anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status hidrasi dengan daya konsentrasi anak sekolah dasar alam Ar-Royyan Padang. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional menggunakan pendekatan potong lintang yang melibatkan 98 responden di SD Alam Ar-Royyan, Kota Padang, Sumatra Barat. Responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Status hidrasi ditentukan berdasarkan berat jenis urine dengan menggunakan carik celup urine dan daya konsentrasi dengan Symbol Digit Modalities Test (SDMT). Data yang didapat dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini memperoleh sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan (69,1%), terbanyak berusia sembilan tahun (41,2%), mayoritas mengalami dehidrasi sedang (85,57%), dan lebih dari setengah responden memiliki daya konsentrasi rendah (67,34%). Hasil uji statistik Chi-Square menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara status hidrasi dengan daya konsentrasi pada anak sekolah dengan p-value >0,05. Berdasarkan temuan yang didapatkan, peneliti menyimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara status hidrasi dengan daya konsentrasi pada anak sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Ulya Uti Fasrini, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Status hidrasi, berat jenis urine, konsentrasi, kognitif, anak
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:29
Last Modified: 16 Feb 2024 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462129

Actions (login required)

View Item View Item