Dyne, Soraya Lathifah (2024) KEGIATAN PEMBELAJARAN DI LUAR KAMPUS DAN PERKEMBANGAN SOFT SKILLS: PERSEPSI PESERTA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA UNIVERSITAS ANDALAS. D3 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover + abstrak.pdf - Published Version Download (165kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (173kB) |
|
Text (Bab VI Kesimpulan)
3. BAB VI Kesimpulan.pdf - Published Version Download (39kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (110kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
5. Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan baru yang dirancang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lulusan universitas yang siap menghadapi dunia kerja. Kegiatan MBKM diharapkan dapat mendukung peningkatan kemampuan soft skills ataupun hard skills mahasiswa. Universitas Andalas merupakan salah satu universitas yang telah menerapkan kebijakan MBKM. Penerapan kurikulum ini akan menimbulkan berbagai macam persepsi terhadap perkembangan soft skills mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa peserta MBKM terhadap perkembangan soft skills. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa Universitas Andalas yang telah menyelesaikan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dilakukan pada bulan Oktober – Desember 2023. Metode penelitian yang dilakukan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan didapatkan informan sebanyak 18 orang yang berasal dari 14 fakultas di Universitas Andalas. Data didapatkan melalui focus group discussion dengan informan yang sudah menandatangani lembar informed consent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa dengan mengikuti MBKM dapat mengembangkan soft skills mereka. Merdeka Belajar Kampus Merdeka dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah, berpikir kritis, komunikasi, kerja sama , kreativitas, manajemen waktu, dan kepemimpinan. Hambatan yang didapatkan mahasiswa saat mengikuti MBKM yang menghambat perkembangan soft skills mereka, di antaranya ketidaksesuaian informasi, kesulitan konversi SKS, kurangnya sosialisasi pada mahasiswa, pedoman teknis yang belum sinkron, dan keterbatasan penggunaan bahasa.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Supervisors: | dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, Ph.D, Sp.KKLP |
Uncontrolled Keywords: | perkembangan, persepsi, MBKM, soft skills, manfaat, hambatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:11 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 04:11 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461953 |
Actions (login required)
View Item |