Evaluasi Tata Kelola Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Framework COBIT 2019 (Studi Kasus: Semen Padang Hospital)

Rury, Moryanda (2024) Evaluasi Tata Kelola Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Framework COBIT 2019 (Studi Kasus: Semen Padang Hospital). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Bab Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstak.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi informasi telah menjadi komponen esensial dalam operasional rumah sakit, mendukung pencapaian tujuan strategis melalui pengelolaan informasi yang efektif. Studi ini berfokus pada evaluasi tata kelola sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) di Semen Padang Hospital menggunakan framework COBIT 2019, sejalan dengan kebutuhan integrasi sistem yang efisien dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. COBIT 2019 adalah suatu kerangka kerja yang dirancang untuk membantu organisasi dalam mengatur dan mengelola informasi dan teknologi secara efektif. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan studi kasus, menggunakan daftar pertanyaan untuk menilai tingkat kapabilitas proses dalam COBIT 2019. Hasil penelitian mengindikasikan tiga proses dengan tingkat kepentingan tertinggi dan kapabilitas yang bervariasi. Proses EDM03 mencapai level 3, menandakan proses terkait optimasi risiko dikelola dengan baik. Sementara APO12 dan APO13 berada pada level 2, mengindikasikan manajemen risiko, keamanan dan kepatuhan masih memerlukan peningkatan. Penelitian ini mengkonklusikan bahwa penerapan SIMRS di Semen Padang Hospital sudah terorganisir tetapi perlu peningkatan dalam manajemen risiko dan keamanan serta kepatuhan terhadap regulasi eksternal. Rekomendasi untuk perbaikan meliputi pengembangan Langkah-langkah perbaikan terstruktur, fokus pada pengelolaan risiko, keamanan informasi yang terintegrasi dan peningkatan kepatuhan terhadap persyaratan eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Vera Pujani, SE, MM.tech
Uncontrolled Keywords: SIMRS, Cobit 2019, Semen Padang Hospital
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:43
Last Modified: 12 Feb 2024 03:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461914

Actions (login required)

View Item View Item