GAMBARAN KEJADIAN DAN FAKTOR RISIKO MUAL MUNTAH PASCA OPERASI PADA PASIEN SEKSIO SESAREA DENGAN ANESTESI SPINAL DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PERMATA BUNDA KOTA SOLOK

MEYFIANA, AISYAH MASHOED (2024) GAMBARAN KEJADIAN DAN FAKTOR RISIKO MUAL MUNTAH PASCA OPERASI PADA PASIEN SEKSIO SESAREA DENGAN ANESTESI SPINAL DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PERMATA BUNDA KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mual dan muntah pasca operasi atau Postoperative Nausea and Vomiting (PONV) merupakan salah satu efek samping pada anestesi spinal pada pasien seksio sesarea. Faktor risiko dari kejadian mual muntah pasca operasi adalah usia, IMT, riwayat mabuk perjalanan, mual muntah pasca operasi sebelumnya, dan merokok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui angka kejadian dan faktor risiko mual muntah pasca operasi pada pasien seksio sesarea di Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Bunda Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional yang dilakukan pada bulan November 2023 di recovery room Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Bunda Kota Solok. Sampel sebanyak 46 pasien yang menjalani operasi seksio sesarea dengan anestesi spinal diambil menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 7 dari 46 pasien (15,22%) mengalami mual muntah pasca operasi. Berdasarkan usia, kejadian mual muntah pasca operasi terbanyak pada kelompok usia 26-35 tahun (10,87%). Berdasarkan kelompok IMT kejadian terbanyak pada IMT >27 (20%). Riwayat mabuk perjalanan dengan yang tidak ada riwayat mabuk perjalanan tidak jauh berbeda angka kejadian mual muntah pasca operasi (22,22% dan 10,71%). Dari 7 pasien yang mengalami mual muntah pasca operasi semuanya memiliki riwayat tidak merokok dan riwayat tidak PONV sebelumnya (100%). Kesimpulan penelitian ini adalah angka kejadian mual muntah pasca operasi yang tidak jauh berbeda dengan studi yang pernah dilakukan sebelumnya dan hal ini dipengaruhi oleh faktor risiko usia, IMT, riwayat mabuk perjalanan, PONV sebelumnya dan riwayat merokok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rini Rustini, Sp. An
Uncontrolled Keywords: mual muntah pasca operasi, anestesi spinal, angka kejadian, faktor risiko
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:48
Last Modified: 07 Feb 2024 03:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461825

Actions (login required)

View Item View Item