PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN PNEUMONIA PADA KELUARGA YANG MEMPUNYAI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNGPINANG

Era, Neltia Sonartra (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN PNEUMONIA PADA KELUARGA YANG MEMPUNYAI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNGPINANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (bab akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text (Full Text)
TESIS ERA NELTIA SONARTRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tingginya angka kejadian pneumonia mengakibatkan kematian pada balita. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk menurunkan angka kejadian pneumonia dengan meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan tentang pencegahan pneumonia melalui pendidikan kesehatan berbasis efikasi diri. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan berbasis efikasi diri terhadap perilaku pencegahan pneumonia pada keluarga yang mempunyai balita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian “Quasi experimental dengan desain pretest-posttest one gruop design. Jumlah sampel pada penelitian adalah sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Quota sampling. Intervensi pendidikan kesehatan dilakukan dalam 4 tahapan proses efikasi diri dengan 3x pengukuran sebelum intervensi, sesudah intervensi 1 dan sesudah intervensi 2 penelitian. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Februari-Desember 2023. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan univariat dan bivariat menggunakan uji General Linier Model Repeated Measures. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata–rata pengetahuan pretest 6.17, posttest1 6.42 dan posttest2 8.57, nilai rata-rata sikap pretest 22.20, posttest1 24.97 dan posttest2 26.02, nilai rata-rata tindakan pretest 24.60, posttest1 25.10 dan posttest2 28.75. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pendidikan kesehatan berbasis efikasi diri terhadap perilaku (pengetahuan, sikap, dan tindakan) keluarga yang mempunyai balita tentang pencegahan pneumonia sebelum intervensi, sesudah intervensi 1 dan sesudah intervensi 2 dengan nilai pengetahuan p value (0.000), sikap p value (0.000) dan nilai tindakan p value (0.000). Diharapkan untuk petugas puskesmas untuk melakukan upaya pembentukan efikasi diri yang pada keluarga melalui tahapan proses efikasi diri sehingga keluarga mampu meningkatkan upaya pencegahan penyakit penumonia pada balitanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efikasi Diri, Pendidikan Kesehatan, Perilaku, Pencegahan Pneumonia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:48
Last Modified: 29 Jan 2024 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461438

Actions (login required)

View Item View Item