ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, KINERJA LINGKUNGAN, DAN BIAYA LINGKUNGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN (STUDI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI PULP DAN PAPER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018- 2022)

Khairul, Umri (2024) ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, KINERJA LINGKUNGAN, DAN BIAYA LINGKUNGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN (STUDI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI PULP DAN PAPER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018- 2022). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover and Abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya kegiatan operasional suatu perusahaan tidak hanya memberikan dampak baik bagi lingkungan masyarakat saja, melainkan terdapat dampak buruk pula yang kerap kali mengikutinya. Salah satu dampak buruk yang sering membuat masyarakat dan perusahaan bersinggungan secara langsung adalah adanya fenomena pada kerusakan lingkungan. Hal ini akibat adanya pertumbuhan ekonomi terbilang cukup cepat sehingga perusahaan membuat konsumsi sumber daya menjadi berlebihan, dan berakhir pada masalah kerusakan lingkungan yang cukup serius pada lingkup masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji dan membuktikan bahwa Profitabilitas, Kinerja Lingkungan dan Biaya Lingkungan berpengaruh terhadap Pengungkapan Lingkungan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 perusahaan industri pulp dan paper yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan metode purposive sampling, artinya pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan bantuan aplikasi pengolah data statistik yaitu Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan secara parsial memberikan pengaruh positif kepada pengungkapan lingkungan di perusahaan pulp dan paper yang terdaftar pada (BEI) tahun 2018 hingga 2022 sedangkan, Biaya Lingkungan menunjukkan pengaruh negatif terhadap pengungkapan lingkungan di perusahaan pulp dan paper yang terdaftar pada (BEI) tahun 2018 hingga 2022. Kata Kunci: Profitabilitas, Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan, Pengungkapan Lingkungan, Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yuskar, S.E., M.A., Ak., CA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:07
Last Modified: 25 Jan 2024 02:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461386

Actions (login required)

View Item View Item