Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Travel Umrah Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus:Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat)

Novya Lira Natasya, Tasya (2024) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Travel Umrah Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus:Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, Fakultas Teknologi Informasi.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CoverAbstrak.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (bab1)
BAB1.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (BAB6)
BAB6.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (DaftarPustaka)
DaftarPustaka.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (LaporanFull)
Laporan_Tugas_Akhir_Novya_Lira_Natasya_Finals.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Ibadah umrah adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat beragama islam. Pemerintah melalui Kementerian Agama memiliki peran yang besar dalam penyelenggaraan umrah. Setiap umat islam Indonesia yang ingin melakukan ibadah umrah maka harus melalui Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2019, Kementerian Agama perlu memastikan travel umrah memiliki kinerja yang baik dengan melakukan pengawasan dan monitoring setiap tahunnya. Penilaian travel umrah pada Kanwil Kementerian Agama provinsi Sumatera Barat masih menggunakan metode manual yaitu dengan mengadakan rapat yang berguna untuk diskusi dan musyawarah bersama tim yang sudah dibentuk. Agar pemberian predikat tepat sasaran dan sesuai maka diperlukan Sistem Pendukung Keputusan. Sistem ini mengimplementasi metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini akan menyeleksi alternatif terbaik dari seluruh alternatif yang ada. Adapun kriteria yang digunakan dalam penentuan travel umrah terbaik adalah Legalitas travel umrah, administrasi dan manajemen, Kualitas pelayanan, Sarana dan prasarana, harga, dan Track record. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Pendukung Keputusan penentuan travel umrah terbaik yang dapat membantu program kerja Kanwil Kementerian Agama provinsi Sumatera Barat sehingga penilaian tersebut dapat menjadi lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dwi Welly Sukma Nirad, M.T
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:53
Last Modified: 09 Jan 2024 08:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461184

Actions (login required)

View Item View Item