Nurul, Laila Zahira Junaidi (2023) Faktor yang Berhubungan dengan Net Benefit Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit pada Rumah Sakit Tentara dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version Download (181kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (186kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian: Permenkes No. 82 Tahun 2013 menyatakan setiap rumah sakit wajib menyelenggarakan SIMRS. Pemerintah menargetkan pada 2018, seluruh rumah sakit harus mempunyai SIMRS terintegrasi. Rumah Sakit Tentara sudah memiliki SIMRS namun penerapannya belum optimal. SIMRS belum terintegrasi dan diterapkan di seluruh unit pelayanan khususnya di back office. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan net benefits implementasi SIMRS pada Rumah Sakit Tentara dr. Reksodiwiryo. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan cross-sectional. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Tentara dr. Reksodiwiryo pada Februari-November 2023. Populasi penelitian adalah staf pengguna SIMRS dengan sampel 63 orang menggunakan total sampling. Data dianalisis dengan analisis univariat, bivariat (uji Chi-square), dan multivariat (regresi logistik berganda). Hasil: Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa net benefits implementasi SIMRS berkategori baik (50,8%). Terdapat hubungan antara penggunaan sistem, kepuasan pengguna, struktur organisasi, kualitas sistem, kualitas layanan (ρ-value<0,05) dengan net benefits implementasi SIMRS. Kepuasan pengguna paling dominan berhubungan dengan net benefits implementasi SIMRS. Kesimpulan: Penggunaan sistem, kepuasan pengguna, struktur organisasi, kualitas sistem, kualitas layanan berhubungan dengan net benefits. Variabel paling dominan berhubungan dengan net benefits adalah kepuasan pengguna. Disarankan rumah sakit mengembangkan SIMRS di back office, fitur SIMRS sesuai kebutuhan pengguna, sarana prasarana pendukung SIMRS, kemudahan dan kecepatan penggunaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Christiana Tuty Ernawati, S.K.M, M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | SIMRS, net benefits, staf pengguna SIMRS |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 02:10 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 02:10 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461081 |
Actions (login required)
View Item |